Detail Cantuman Kembali
Erwin Setiawan - Personal Name

ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE HAZARD ANALYSIS (STUDI KASUS: PROSES PENGERJAAN KAPAL TANKER DI PT. BAROKAH GALANGAN PERKASA)

Geliat industri perkapalan nasional dalam lima tahun terakhir mulai dirasakan seiring terus bertambahnya armada kapal berbendera lokal yang beroperasi di perairan Tanah Air. Semenjak dikeluarkannya Inpres No.5 Tahun 2005 yang sampai saat ini dijadikan pendorong kuat pertumbuhan industri galangan kapal di Indonesia. Dengan pesatnya pertumbuhan industri galangan kapal di Indonesia, perlu diperhatikan dari aspek keselamatan kerja yang dimana dalam kegiatan kerja yang dilakukan seringkali berhadapan dengan kondisi kerja yang berisiko seperti bekerja di ketinggian, bekerja diruang terbatas, bekerja ditekanan yang tinggi, bekerja di atas permukaan air serta berhadapan dengan lingkungan kerja dan berhadapan langsung dengan bahan baku dan limbah B3. Untuk menganalisis bahaya terhadap risiko K3 dalam penelitian ini menggunakan metode Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) dan Hazard Analysis and Operability Study (HAZOP) dengan tujuan untuk mengidentifikasi, memberikan penilaian dan mengatasi faktor-faktor resiko K3. Pelaksanaan pekerjaan sering mengabaikan persyaratan dan peraturan-peraturan dalam K3. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terdapat 34 potensi bahaya kemudian digolongkan berdasarkan jenis sumbernya menjadi 8 variabel risiko. Uji Validalitas pada tiap potensi bahaya dinyatakan valid semua sedangkan untuk uji reliabilitasnya semua dikatakan konsisten. Terdapat 4 tingkatan risiko kecelakaan kerja dari sumber hazard yang didapat dari hasil penilaian matriks risiko. Dari hasil pemetaan risiko, diperoleh 9 risiko dalam kategori
Extreme (E), 6 risiko masuk dalam kategori High (H), 12 risiko masuk dalam kategori Moderate (M), dan sisanya sebanyak 7 risiko masuk dalam kategori Low (L). Pengendalian dari semua bahaya Kecelakaan Kerja menurut tingkat risiko di lakukan dengan adanya kebijakan K3, pelatihan / penyuluhan K3, dilakukan audit secara rutin dan terjadwal, melakukan pengadaan dengan terjadwal, pemeliharaan alat secara rutin, penerapan SOP dan metode pelaksanaan akan menurunkan tingkat risiko kecelakaan kerja.

Kata Kunci : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Hazard identification and Risk Assessment (HIRA), Hazard and Operability Study (HAZOP), Hazard, Validalitas, Reliabilitas, Matriks Resiko.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA MENGGUNAKAN METODE HAZARD ANALYSIS (STUDI KASUS: PROSES PENGERJAAN KAPAL TANKER DI PT. BAROKAH GALANGAN PERKASA)
Pengarang Erwin Setiawan - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Hazard ident
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua