Detail Cantuman Kembali
ISNAWATI - Personal Name

PENGARUH PENGAWASAN LANGSUNG DAN PENGAWASAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT NUTRIFOOD INDONESIA CABANG KOMPLEK PERGUDANGAN CALINDO SAMARINDA

Isnawati, Pengaruh Pengawasan Langsung dan Pengawasan tidak Langsung terhadap Kinerja Karyawan pada PT Nutrifood Indonesia Cabang Komplek Pergudangan Calindo Samarinda dibimbing oleh Arwin Sanjaya, S.Pd., M.AB selaku pembimbing I dan Tuti Wediawati, S.Sos., M.Si selaku pembimbing II.

PT Nutrifood Indonesia Cabang Komplek Pergudangan Calindo Samarinda merupakan distributor dari perusahaan PT Nutrifood Indonesia di Kalimantan timur tepatnya di Samarinda bertugas untuk menyalurkan produk nutrifood ke toko dan supermarket yang ada di samarinda. Berdasarakan data yang diperoleh peneliti, diketahui bahwa melemahnya pengawasan di perusahan ini baik pengawasan langsung maupun pengawasan tidak langsung.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Pengawasan Langsung dan Pengawasan tidak Langsung secara simultan maupun parsial terhadap Kinerja Karyawan dan untuk mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap kinerja karyawan pada PT Nutrifood Indonesia Cabang Komplek Pergudangan Calindo Samarinda.

Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari independen yaitu pengawasan langsung (X1) dan pengawasan tidak langsung (X2) menurut Siagian (2010:115) serta variabel dependen yaitu kinerja karyawan (Y) menurut Mangkunegara (2015:67). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian survei untuk menguji pengaruh antara dua variabel. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu seluruh karyawan sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, wawancara, kepustakaan dan dokumenasi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan bantuan software statistic SPSS versi 22.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel pengawasan langsung (X1) dan variabel pengawasan tidak langsung (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Hasil penelitian juga menunjukan variabel pengawasan langsung (X1) dan variabel pengawasan tidak langsung (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Variabel pengawasan langsung (X1) merupakan variabel yang berpengaruh
dominan dalam penelitian ini.

Saran untuk pihak perusahaan, (i) agar perusahan menerapkan sistem absen finger print, (ii) sanksi berupa potong gaji bagi karyawan yang tidak masuk kerja tanpa keterangan, (iii) memberikan denda atau teguran kepada karyawan yang datang terlambat dan pulang kerja sebelum waktunya.

Kata kunci: Pengawasan Langsung dan tidak Langsung, Kinerja Karyawan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGAWASAN LANGSUNG DAN PENGAWASAN TIDAK LANGSUNG TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT NUTRIFOOD INDONESIA CABANG KOMPLEK PERGUDANGAN CALINDO SAMARINDA
Pengarang ISNAWATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pengawasan Langsung dan tidak Langsung, Kinerja Ka
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua