Detail Cantuman Kembali
SEPTRI ALFIAN NOOR - Personal Name

PEMANTAUAN EKOSISTEM DAN PERKEMBANGAN PENYAKIT KARAT DAUN PADA TANAMAN JAGUNG ( Zea mays L ) Di LEMPAKE

SEPTRI ALFIAN NOOR Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman Pemantauan Ekosistem Dan Perkembangan Penyakit Karat Daun Pada Tanaman Jagung ( Zea mays L ) Di Lempake (Dibawah bimbingan Sopialena dan Suyadi).
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi ekosistem dilapangan terhadap intensitas penyakit dan laju infeksi pada penyakit karat daun pada tanaman jagung. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan sejak bulan Desember 2018 sampai Februari 2019 pada lokasi Muang Dalam dan Bayur, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda.
Penelitian dilakukan dalam dua kegiatan, yaitu kegiatan di lapangan dan kegiatan di laboratorium. Kegiatan di lapangan meliputi penetapan lokasi, pengambilan sampel daun yang terserang penyakit karat daun, pengambilan sampel tanah, mengukur suhu dan kelembaban serta mengamati perkembangan penyakit karat daun. Kegiatan di Laboratorium yaitu melakukan identifikasi penyebab penyakit karat daun jagung secara mikroskopis.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa jamur penyebab penyakit karat daun pada tanaman jagung di lokasi penelitian adalah Puccinia shorgi Schw. Lingkungan berpengaruh terhadap intensitas penyakit dan kecepatan infeksi karat daun jagung. Kondisi tanah yang miskin juga mempengaruhi terhadap perkembangan penyakit karat daun. Faktor lingkungan yang paling mempengaruhi terhadap perkembangan penyakit adalah kelembaban.

Kata Kunci : Ekosistem, tanaman jagung, karat daun, intensitas penyakit, dan laju infeksi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMANTAUAN EKOSISTEM DAN PERKEMBANGAN PENYAKIT KARAT DAUN PADA TANAMAN JAGUNG ( Zea mays L ) Di LEMPAKE
Pengarang SEPTRI ALFIAN NOOR - Personal Name
No. Panggil
Subyek : Ekosistem, tanaman jagung, karat daun, intensita
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua