Detail Cantuman Kembali
RASIDAH - Personal Name

PENGARUH MEDIA BAHAN BACAAN KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA DARUL IHSAN SAMARINDA PADA MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA

Rasidah, 2019. Pengaruh Media Bahan Bacaan Kimia Berwawasan Integrasi Islam-Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MA Darul Ihsan Samarinda pada Materi Pokok Tata Nama Senyawa. Penelitian ini dibawah bimbingan Iis Intan Widiyowati, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Muflihah S.Pd., M.Si. selaku pembimbing II.

Perkembangan kurikulum pendidikan Indonesia yang terus mengalami perbaikan menekankan pada aspek peningkatan kamampuan berpikir kritis siswa. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis ini, pembelajaran harus ditunjang dengan berbagai hal seperti model dan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini menggunakan media bahan bacaan kimia berwawasan integrasi Islam-sains yang dapat mengajak siswa membuka pikiran lebih luas karena integrasi Islam-sains menuntun siswa untuk memahami nilai-nilai Islam yang terkandung dalam sains maupun fakta-fakta sains yang sesuai dengan ajaran Islam. Oleh karena itu, media pembelajaran ini digunakan dengan harapan dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu penelitian ini menggunakan model pembelajaran STAD karena memiliki kelebihan yaitu siswa cenderung lebih aktif, adanya kerja sama kelompok dalam memecahkan masalah dan saling bertukar ide atau gagasan. Model pembelajaran ini dinilai sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media bahan bacaan kimia berwawasan integrasi islam-sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MA Darul Ihsan Samarinda pada materi pokok tata nama senyawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kelas eksperimen menggunakan media bahan bacaan kimia berwawasan integrasi Islam-sains dengan model pembelajaran STAD sedangan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang sama namun tanpa menggunakan media bahan bacaan kimia berwawasan integrasi Islam-sains. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah post test setiap pertemuan dan ulangan harian. Populasi dalam penelitian ini sama dengan sampel penelitian yaitu seluruh siswa kelas X IPA berjumlah 64 orang siswa yang merupakan sampel jenuh. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa sig. (2-tailed) < 0,05. Data ini berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan media bahan bacaan kimia berwawasan integrasi islam-sains terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MA Darul Ihsan Samarinda pada materi pokok tata nama senyawa. Rata-rata nilai akhir siswa kelas eksperimen adalah sebesar
60,03 dan rata-rata nilai siswa kelas kontrol adalah sebesar 53,93.

Kata kunci : Integrasi Islam-Sains, Berpikir Kritis, STAD

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MEDIA BAHAN BACAAN KIMIA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MA DARUL IHSAN SAMARINDA PADA MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA
Pengarang RASIDAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Integrasi Islam-Sains, Berpikir Kritis, STAD
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua