Detail Cantuman Kembali
BERTHANIA CHRISTIE - Personal Name

ANALISIS KERUSAKAN LAPIS PERMUKAAN PERKERASAN LENTUR BESERTA STRATEGI PENANGANANNYA (STUDI KASUS JL. KESUMA BANGSA, SAMARINDA)


Kondisi permukaan perkerasan pada dasarnya ditandai dengan adanya kerusakan pada lapisan permukaan. Kerusakan yang terjadi umumnya bervariasi di sepanjang ruas jalan yang ditinjau dan apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka hal tersebut akan memperburuk kondisi lapisan perkerasan. Tidak adanya upaya penanganan kerusakan jalan ditemukan pula pada ruas Jalan Kesuma Bangsa Kota Samarinda. Jalan Kesuma Bangsa merupakan jalan penghubung pusat pelayanan dalam kota. Kerusakanyang ada hingga saat ini belum ditangani dengan baik. Oleh sebab itu diperlukan upaya untuk mengevaluasi kondisi permukaan perkrerasan jalan pada ruas Jalan Kesuma Bangsa.
Penelitian terhadap kondisi fungsional permukaan perkerasan diperoleh denganmenggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Metode ini dapat memberikan informasi berupa nilai kondisi permukaan perkerasan beserta skala tingkat kondisinya.
Metode PCI diawali dengan membagi ruas jalan yang ditinjau menjadi sampel unit area menjadi 30 meter x 5,5 meter kemudian dilakukan survey inspeksi kondisi permukaanperkerasan secara visual dengan mengamati tipe kerusakan, dimensi kerusakan serta penentuan tingkat kerusakannya. Proses analisisnya dilakukan dengan menghitung densitas, menentukan deduct value, total deduct value, corrected deduct value, nilai PCI serta tingkat kondisi permukaan perkerasan berdasarkan nilai PCI yang diperoleh.
Selanjutnya diberikan upaya rekomendasi perbaikan yang bersumber dari aturan Bina Marga - Metode Perbaikan Standar.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa nilai PCI pada ruas Jalan Kesuma Bangsa ialah sebesar 69,002% dan tergolong tergolong dalam kondisi baik (good). Kondisi ini menunjukkan bahwa Jalan Kesuma Bangsa secara keseluruhan masih dalam keadaan baik namun disarankan untuk segera melakukan upaya pemeliharaan jalan demi meningkatkan kualitas jalan tersebut agar tidak terus menurun.
Kata Kunci: Pavement Condition Index, PCI, Ratting, Perbaikan.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KERUSAKAN LAPIS PERMUKAAN PERKERASAN LENTUR BESERTA STRATEGI PENANGANANNYA (STUDI KASUS JL. KESUMA BANGSA, SAMARINDA)
Pengarang BERTHANIA CHRISTIE - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: Pavement Condition Index, PCI, Ratting
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua