Detail Cantuman Kembali
ASNIDAR - Personal Name

EKSPLORASI JAMUR PELARUT FOSFAT PADA TANAH MASAM DENGAN PENUTUP LAHAN HUTAN SEKUNDER,PADANG ALANG-ALANG DAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI SAMARINDA



ASNIDAR. Eksplorasi Jamur Pelarut Fosfat pada Tanah Masam dengan Penutup Lahan Hutan Sekunder, Padang Alang-alang dan Perkebunan Kelapa Sawit. Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman (Dibawah bimbingan Ria Rachel Paranoan dan Surya Darma).
Tanah masam merupakan tanah dengan nilai pH 4-5,5 dimana, nilai pH ini akan mempengaruhi ketersediaan unsur hara di dalam tanah. Unsur P adalah salah satu dari unsur hara makro, sebagian besar unsur P terjerap oleh koloid tanah, pada tanah masam akan bersenyawa dalam bentuk Al-P, Fe-P dan occluded-P. Jamur pelarut fosfat merupakan mikroorganisme yang memiliki kemampuan untuk melarutkan fosfat-anorganik tak larut dengan mensekresikan asam – asam organic sehingga tersedia bagi tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui genus jamur pelarut fosfat yang terdapat pada tanah masam dengan penutup lahan hutan sekunder, padang alang-alang dan perkebunan kelapa sawit dan genus jamur apa yang paling dominan.
Penelitian dilakukan dalam dua kegiatan, yaitu kegiatan lapangan yaitu pengambilan sampel. Kegiatan di Laboratorium meliputi isolasi, identifikasi jamur pelarut fosfat dan analisis tanah dengan parameter pH tanah menggunakan pH meter, P-total dengan metode Olsen, P-tersedian dengan metode P-Bray I dan Aldd dengan metode ekstraksi 1 N KCl pada tanah.
Hasil penelitian menunjukan terdapat jamur pelarut fosfat pada tanah masamdengan penutup lahan hutan sekunder dengan nilai pH 4,35 nilai P-tersedia 55,48ppm, P-total 87,93 ppm dan Al-dd 13,30% terdapat Aspergillus sp, Mocur sp,Penicillium sp dan Trichoderma sp. Padang alang-alang nilai pH 4,37 nilai Ptersedia 21,89 ppm, P-total 127,59 ppm dan Al-dd 43,80% terdapat
Aspergillus sp,Mocur sp,Penicillium sp dan Trichoderma sp.
Perkebunan kelapa sawit dengan nilai nilai pH 4,32 nilai P-tersedia 16,92 ppm,P-total 62,93 ppm dan Al-dd 13% terdapat Penicillium sp dan Trichoderma sp.
Genus jamur pelarut fostat yang ditemukan pada penelitian ini antara lain,Aspergillus sp, Mocur sp, Penicillium sp dan Trichoderma sp dan yang palingdominan pada tanah masam dengan penutup lahan hutan sekunder, padang alang – alang dan perkebunan kelapa sawit adalah Penicillium sp dan Trichoderma sp.
Kata kunci : Tanah Masam, Fosfor dan Jamur Pelarut Fosfat

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EKSPLORASI JAMUR PELARUT FOSFAT PADA TANAH MASAM DENGAN PENUTUP LAHAN HUTAN SEKUNDER,PADANG ALANG-ALANG DAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI SAMARINDA
Pengarang ASNIDAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci : Tanah Masam, Fosfor dan Jamur Pelaru
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua