Detail Cantuman Kembali
ARI KUSELA WARDANI - Personal Name

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 016 SUNGAI KUNJANG SAMARINDA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan program pendidikan inklusif di sekolah dasar negeri 016 sungai kunjang samarinda sudah tepat atau tidak, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program pendidikan inklusif.
Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif degnan pendekatan metode evaluasi model raise-l serta didukung dengan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan tabulasi tunggal yang bertujuan untuk memperlengkap data serta mengetahui hasil dari evalusi suatu program yang sedang berjalan. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini yaitu purposive sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan inklusif belum maksimal dengan belum adanya modifikasi kurikulum untuk siswa berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah inklusif serta kurangnya perhatian pemerintah dalam penyelenggaraan program pendidikan inklusif dan kurangnya tenaga pengajar khusus yang berkompeten dibidangnya untuk mengajar di kelas inklusif. Faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program inklusif ialah kurangnya fasilitas dan ruangan khusus bagi anak berkebutuhan khusus. Faktor pendukung ialah sekolah membuka kesempatan bagi anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan pendidikan yang sama seperti anak normal lainnya ditambah tingginya kesadaran orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk menyekolahkan anaknya di sekolah inklusif yang berada dilingkungan anak normal sehingga membuat kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus meningkat dan mampu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 016 SUNGAI KUNJANG SAMARINDA
Pengarang ARI KUSELA WARDANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pendidikan Inklusif, Evaluasi Program Pendidikan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Sosiologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua