Detail Cantuman Kembali
Hardiyanti - Personal Name

ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA SURAT DINAS DI KELURAHAN TANJUNG LAUT INDAH KECAMATAN BONTANG SELATAN

Hardiyanti, 2019. Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan Pada Surat Dinas Di Kelurahan Tanjung Laut Indah Kecamatan Bontang Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Pembimbing Drs. H. Anwar Balfas, M.Pd. dan Drs. Syaiful Arifin, M.Hum.
Kata kunci: kesalahan ejaan, surat dinas.

Surat dinas adalah alat komunikasi tertulis yang menyangkut kepentingan kedinasan yang dibuat oleh instansi pemerintah maupun lembaga swasta. Karena bersifat kedinasan, maka surat dinas harus efektif dan komunikatif. Dalam penulisan surat dinas yang dikeluarkan oleh pihak Kelurahan Tanjung Laut Indah terdapat kesalahan penulisan ejaan yang tidak sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai penulisan ejaan pada surat dinas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penulisan ejaan yang meliputi kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan pada surat dinas yang dikeluarkan oleh pihak Kelurahan Tanjung Laut Indah Kecamatan Bontang Selatan pada bulan Juli 2018 sampai dengan bulan Juni 2019.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan mengumpulkan, menyusun, dan memaparkan data sesuai apa adanya. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kesalahan pemakaian huruf sebanyak 113 kesalahan dengan persentase 35,3%, (2) kesalahan penulisan kata sebanyak 69 kesalahan dengan persentase 21,5%, (3) kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 133 kesalahan dengan persentase 41,5%, dan (4) kesalahan penulisan unsur serapan sebanyak 5 dengan persentase 1,6%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA SURAT DINAS DI KELURAHAN TANJUNG LAUT INDAH KECAMATAN BONTANG SELATAN
Pengarang Hardiyanti - Personal Name
No. Panggil
Subyek kesalahan ejaan, surat dinas.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua