Detail Cantuman Kembali
Mey Sarah - Personal Name

ANALISIS NOVEL “ZULAIHA” KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA DARI ASPEK SOSIOLOGI SASTRA

Mey Sarah, 2019. Analisis Novel Zulaiha Karya Syafruddin Pernyata Dari Aspek Sosiologi Sastra. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman Samarinda. Dibimbing oleh Drs. H. Akhmad Murtadlo, M.Hum selaku pembimbing I dan Drs. Syaiful Arifin, M.Hum selaku pembimbing II.

Kata Kunci : Novel, Sosiologi, Sastra.

Sosiologi sebagai studi yang ilmiah dan objektif mengenai manusia dalam masyarakat mengenai proses-proses sosial. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana gambaran aspek-aspek sosiologi sastra yang terdapat dalam novel Zulaiha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek-aspek sosiologi yang berupa fakta sosial, perilaku sosial, peristiwa sosial, fungsi sosial sastra, sastra sebagai cermin masyarakat, dan konteks sosiobudaya pada novel Zulaiha karya Syafruddin Pernyata.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang tidak menggunakan perhitungan. Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan aspek sosiologi sastra yang diteliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat, yaitu mengamati isi kutipan dalam novel kemudian mencatat bagian yang penting. Teknik wawancara, yaitu melakukan wawancara terhadap penulis dan pembaca dari novel. Teknik baca, yaitu membaca novel secara cermat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan penyajian data dan analisis data novel Zulaiha karya Syafruddin Pernyata menunjukan bahwa aspek-aspek sosiologi sastra yang terdapat dalam novel tersebut adalah (1)Fakta sosial yaitu, fakta tentang tempat, fakta nama-nama tokoh, fakta tentang benda-benda material, fakta tentang waktu (2)Perilaku sosial yaitu, interaksi sosial, perikelakuan, dan kepribadian (3)Peristiwa sosial yaitu, sejarah, perubahan sosial, dan kondisi lingkungan (4)Fungsi sosial sastra yaitu, sastra sebagai penghibur dan sastra berkaitan dengan nilai sosial (5)Sastra sebagai cermin masyarakat yaitu, realitas sosial, kultur masyarakat, dan gejala sosial (6)Konteks sosiobudaya yaitu nilai budaya, kesenian, dan tradisional.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS NOVEL “ZULAIHA” KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA DARI ASPEK SOSIOLOGI SASTRA
Pengarang Mey Sarah - Personal Name
No. Panggil
Subyek Novel, Sosiologi, Sastra.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua