Detail Cantuman Kembali
SUSI WULANDARI - Personal Name

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER (SEMANGAT KEBANGSAAN, CINTA TANAH AIR, DEMOKRATIS, TOLERANSI) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 SAMARINDA

Susi Wulandari 2019. Penerapan Pendidikan Karakter (Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Demokratis, Toleransi) dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS di SMA Negeri 11
Samarinda, dibimbing oleh Dra. Hj. Wingkolatin, M.Si selaku pembimbing I dan Muhammad Azmi, M.Pd selaku pembimbing II. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Samarinda dengan Fokus penelitian semangat kebangsaan, cinta tanah air, demokratis dan toleransi sebagai rumusan masalah pertama dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru ketika melakukan penerapan pendidikan karakter siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Samarinda dengan Fokus penelitian faktor internal, faktor eksternal, dan upaya sebagai rumusan masalah kedua.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Penerapan pendidikan karakter sudah lama diterapkan di SMA Negeri 11 Samarinda. Pendidikan karakter pada waktu itu, hanya diterapkan dalam mata pelajaran agama dan kewarganegaraan, sedangkan mata pelajaran lainnya belum diterapkan. Pada mata pelajaran sejarah mampu menumbuhkan nilai karakter pada diri siswa, implementasi nilai karakter tersebut ditunukkan dengan mengikuti upacara bendera, menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, berpartisipasi dalam pemilihan dan saling membantu tanpa membedakan ras dan suku. Selain itu, beberapa kendala dari faktor internal meliputi kurangnya pemahaman guru tentang pendidikan karakter dan penggunaan metode pembelajaran yang tidak bervariasi. Sedangkan, kendala dari faktor eksternal meliputi guru tidak dapat memantau perilaku siswa ketika berada diluar lingkungan sekolah. Upaya dari dua kendala tersebut meliputi guru melakukan pendekatan kepada siswa dengan menanamkan nilai-nilai karakter agar siswa meninggalkan perbuatan yang dapat merusak moral.

Kata Kunci: Pendidikan karakater, pembelajaran sejarah, Samarinda

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER (SEMANGAT KEBANGSAAN, CINTA TANAH AIR, DEMOKRATIS, TOLERANSI) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 11 SAMARINDA
Pengarang SUSI WULANDARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Pendidikan karakater, pembelajaran sejarah, Samari
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua