Detail Cantuman Kembali
SUNDARY - Personal Name

ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM NOVEL API AWAN ASAP KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN


Kata Kunci: tindak tutur, novel, Korrie Layun Rampan.
Mengkaji tindak tutur dalam percakapan sangat penting karena terkadang maksud tuturan penutur tidak ditanggapi secara tepat oleh mitra tutur. Dalam hal ini, perlunya mempelajari tindak tutur sesuai konteks agar dapat menangkap maksudmaksud pembicaraan secara tepat. Demikian halnya dalam novel Api Awan Asap karya Korrie Rampan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi dalam novel Api Awan Asap karya Korrie Layun Rampan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Data penelitian adalah tuturan yang mengandung tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusidalam novel Api Awan Asap karya Korrie Layun Rampan. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data yang dipakaiadalah teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini ditemukan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi.Tindak tutur lokusi meliputi bentuk pernyataaan yang ditemukan sebanyak 352tuturan yakni berfungsi memberikan informasi, bentuk pertanyaan yang ditemukan sebanyak 178 tuturan yakni bermaksud untuk menanyakan sesuatu kepada mitra tutur, dan bentuk perintah ditemukan sebanyak 27 tuturan yang memiliki fungsi untukmemerintahkan mitra tutur melakukan sesuatu. Tindak tutur ilokusi meliputi asertif, direktif, ekspresif, dan komisif. Asertif terdapat dalam penelitian ini yakni berjumlah 285 tuturan meliputi memberitahukan, menduga, meyakinkan, menuntut, membantah,menolak, mengeluh, dan menunjukkan. Direktif terdapat dalam penelitian ini yakni berjumlah 244 tuturan meliputi meminta, memerintah, memaksa, melarang, menantang, mengingatkan, dan mengajak. Ekspresif terdapat dalam penelitian ini yakni berjumlah 24 tuturan meliputi menyatakan atau menunjukkan perasaan, memuji, meminta maaf, menyindir, berterimakasih, dan harapan. Komisif terdapat menyatakan janji. Tindak tutur perlokusi dalam penelitian ini ditemukan yakni, 12tuturan yang mengandung perlokusi membuat kesal, 2 tuturan yang mengandungperlokusi membuat takut, 1 tuturan yang mengandung perlokusi membuat senang,193 tuturan yang mengandung perlokusi menerima, 112 tuturan yang mengandung perlokusi menolak, 107 tuturan yang mengandung perlokusi membuat terbujuk, 80 tuturan yang mengandung perlokusi membuat maklum, 48 tuturan yang mengandung perlokusi membuat melakukan sesuatu, dan 2 tuturan yang mengandung perlokusi membuat diam.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM NOVEL API AWAN ASAP KARYA KORRIE LAYUN RAMPAN
Pengarang SUNDARY - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: tindak tutur, novel, Korrie Layun Ramp
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan BAHASA DAN SENI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua