Detail Cantuman Kembali
Reza Fahlevi - Personal Name

PENGARUH PEMBERIAN KOTORAN BURUNG WALET (Collocalia fuciphaga) TERHADAP PERTUMBUHAN I KAN JELAWAT ( Lept obarbus hoeveni i ) (Sebagai penunjang Pembelajaran: Bioteknologi)


Reza Fahlevi, 2019. Pengaruh Pemberian Kotoran Burung Walet (Collocalia fuciphaga) Terhadap Pertumbuhan Ikan Jelawat (Leptobarbus hoeveni) (sebagai penunjang mata kuliah pencemaran lingkungan). Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Elsje Theodora M, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Didimus Tanah Boleng,M.Kes selaku pembimbing II.
Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi, diantaranya dalam kategori burung tercatat 1.598 jenis burung yang ditemukan di wilayah Indonesia. Salah satu burung yang cukup familiar di Indonesia adalah burung Walet (Collocalia fuciphaga). Banyaknya pembangunanrumah sarang burung walet khususnya di kalimantan timur mengakibatkan bertambahnya jumlah dari burung tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh pemberian kotoran burung walet (Collocalia fuciphaga) terhadap pertumbuhan ikan jelawat (Leptobarbus hoevenii). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan Rancangan
Acak Kelompok (RAK) dengan tiga perlakuan yang berupa pemberian pakan ikanyang berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan pada bulan agustus tahun 2019, dengan pengambilan data berupa berat awal pada tanggal 1 agustus 2019, pengukuranpertama pada tanggal 15 agustus 2019 dan pengukuran kedua pada tanggal 30 agustus 2019. Populsi dalam penelitian ini adalah seluruh ikan jelawat yang ada di keramba berjumlah 150 ekor ikan dengan 27 sampel ikan yang diambil secara random smpling. Penelitan ini menggunakan tiga perlakuan dan sembilanpengulangan. Pada saat pengambilan data berat awal dianalisis menggunakan ANAVA didapatkan hasil F hitung (0,72) < F tabel (3,4), pada pengukuran pertama hari ke-15 F hitung (81,55) > F tabel (3,44), dan pada pengukuran kedua hari ke-30 F hitung(224,20) > Ftabel (3,44). Pada saat pengambilan data panjang tubuh awal dianalisis menggunakan ANAVA didapatkan hasil F hitung (0,20) < F table (3,4), pada pengukuran pertama hari ke-15 Fhitung (40,78) > Ftabel (3,44), dan pada pengukuran
kedua hari ke-30 Fhitung (7,77) > Ftabel (3,44). Kemudian dilanjutkan menggunakan uji BNT untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antar tiap individu.
Kata Kunci: kotoran burung walet, pakan ikan, pertumbuhan, berat, panjang

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBERIAN KOTORAN BURUNG WALET (Collocalia fuciphaga) TERHADAP PERTUMBUHAN I KAN JELAWAT ( Lept obarbus hoeveni i ) (Sebagai penunjang Pembelajaran: Bioteknologi)
Pengarang Reza Fahlevi - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: kotoran burung walet, pakan ikan, pert
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua