PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HAWAII BABERSHOP SAMARINDA TAHUN 2018
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen pada Hawaii Babershop Samarinda tahun 2018.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalampenelitian ini adalah konsumen dari Hawaii Babershop Samarinda yang berjumlah420 orang. Sampel yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah konsumen dari Hawaii Babershop Samarinda secara langsung berjumlah 82 orang dengan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,kuisioner, dan dokumentasi. Dan teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, Uji F, dan Uji T.
Hasil Analisis menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan pada Hawaii Babershop Samarinda Tahun 2018 sangat berpengaruh terhadap konsumen. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terhadap pengaruh yang signifikan berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana antara Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hawaii Babershop Samarinda Tahun 2018 diperoleh data a= 67,23, b= 1,43 maka persamaan regresinya adalah Y = 67,23 – 1,43 X dengan katagori positif berarti menerima hipotesis Ha dan menolak hipotesis Ho. Berdasarkan Uji F diperoleh Ftest sebesar 22,542 dan Ftabel pada taraf kesalahan 10% sebesar 2,77.
Artinya Ftest = Ftabel atau 22,542 = 2,77 dengan berkategori rendah berarti menolak hipotesis Ho dan merima hipotesis Ha maka korelasinya signifikan atau dapat dikatakan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Hawaii Barbershop Samarinda Tahun 2018. Dan berdasarkan Uji T diperoleh nilai ttest sebesar 9,19 sedangkan nilai t
tabel dengan dk=n-2, taraf 10% diperoleh sebesar 1,664 artinya nilai ttest = ttabel atau 9,19 = 1,664 dengan kategori rendah berarti menolak hipotesis Ho dan menerima hipotesis Ha maka korelasinya signifikan antara pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada
Hawaii Barbershop Samarinda Tahun 2018.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Hawaii Babershop Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HAWAII BABERSHOP SAMARINDA TAHUN 2018 |
---|---|
Pengarang | MUCHAMMAD SAID - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY