Detail Cantuman Kembali
FATHIATURRAHMAH - Personal Name

PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENGGUNAAN BAHASA BANJAR (Studi Deskriptif Analitik Pada Keluarga Trans Banjar Di Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana peran komunikasi antar pribadi orang tua dengan anaknya dalam penggunaan Bahasa Banjar di Kelurahan Sempaja Kota Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis data interaktif milik Miles & Huberman. Konsep analisis data interaktif dalam metode ini ialah aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh melalui Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu; (1) Peran komunikasi antar pribadi orang tua dan anak dalam penggunaan bahasa Banjar dilihat dari unsur ciri-ciri komunikasi antar pribadi, yakni: keterbukaan, empati, sikap positif, sikap mendukung, dan kesamaan. (2) Proses penggunaan bahasa daerah dilihat sebagai: bentuk pelestarian budaya, dan menanamkan jati diri.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling dengan rentang waktu pengambilan sampel 16 Mei 2017 s/d 26 Mei 2017 pada 3 (tiga) lingkungan yang telah ditetapkan, yaitu lingkungan Pinang Seribu, Betapus, Bayur yang berada di Kelurahan Sempaja Utara. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi antar pribadi sangat berperan secara efektif terhadap penggunaan bahasa daerah sebagai wujud pelestarian budaya suku Banjar dan menanamkan jati diri pada individunya

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ORANG TUA DAN ANAK DALAM PENGGUNAAN BAHASA BANJAR (Studi Deskriptif Analitik Pada Keluarga Trans Banjar Di Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda)
Pengarang FATHIATURRAHMAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Peran Komunikasi Antarpribadi, Keluarga, Bahasa Da
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua