Detail Cantuman Kembali
AYUNDA GINA MARDITHA - Personal Name

PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DI PLAY GROUP YAYASAN FASTABIQUL KHAIRAT SAMARINDA

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui, memahami serta menganalisis bagaimana peran komunikasi interpersonal guru dengan peserta didik dalam membentuk karakter mandiri di play group Fastabiqul Khairat.
Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam Peran Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Peserta Didik Dalam Membentuk Karakter Mandiri Di Play Group Yayasan Fastabiqul Khairat Samarinda adalah berdasarkan pada komunikasi interpersonal yang efektif yaitu keterbukaan, empati, sikap suportif, sikap positif, kesetaraan dan kendala atau hambatan komunikasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru sebagai key informan, peserta didik dan orang tua dari peserta didik sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Work Research) dengan teknik: observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hambatan semantik dan hambatan
manusiawi yang dialami oleh guru dilihat dari unsur keterbukaan yakni masih ada peserta didik yang pemalu dan acuh tak acuh sehingga kurang terbuka kepada guru. Meskipun demikian dilihat dari unsur empati, sikap positif, sikap suportif dan kesetaraan, komunikasi interpersonal guru dan peserta didik di Play Group Yayasan Fastabiqul Khairat Samarinda terbilang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru dan peserta didik di Play Group Yayasan Fastabiqul Khairat Samarinda sudah termasuk efektif karena secara garis besar peserta didik telah merasa mempunyai hubungan yang baik dengan guru. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif dapat meningkatkan hubungan interpersonal guru dan peserta didik

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DI PLAY GROUP YAYASAN FASTABIQUL KHAIRAT SAMARINDA
Pengarang AYUNDA GINA MARDITHA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Peran Komunikasi, Komunikasi Interpersonal
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Administrasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua