Detail Cantuman Kembali
Dita Ayu Deviarum - Personal Name

KETERAMPILAN SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI MINDMAPLE LITE MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA SISWA KELAS X USAHA PERJALANAN WISATA 1 SMK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

Dita Ayu Deviarum. 2019. Keterampilan Siswa Menggunakan Aplikasi Mindmaple Lite Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital pada Siswa Kelas X Usaha Perjalanan Wisata 1 SMK Negeri 1 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Konsentrasi Pendidikan Ilmu Komputer, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Dr. Sugeng, M.Pd dan (2) Andi Rustandi, S.Kom, M.Ti, M.H

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa menggunakan aplikasi MindMaple Lite. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Samarinda ada bulan Januari – Februari 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Usaha Perjalanan Wisata 1 yang berjumlah 34 Siswa. Objek penelitian ini adalah
keterampilan siswa menggunakan aplikasi MindMaple Lite.
Berdasarkan tujuan dan kepentingan yang diperlukan dalam melengkapi data penelitian digunakan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penatikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yaitu mengunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan siswa diketahui dari hasil tes praktik yang dilakukan 34 siswa, penilaian keterampilan diukur dari masing-masing soal. Diketahui bahwa pada soal memilih tampilan tema, membuat judul (central topic) dan membuat cabang-cabang (subtopic) semua siswa terkategori terampil. Pada soal mengedit tampilan Mindmap terkategori 32 siswa terampil, 1 kurang terampil dan 1 tidak terampil. Pada soal menambahkan gambar terkategori 30 siswa terampil, 1 kurang terampil dan 3 tidak terampil. Pada soal menambahkan Icon terkategori 32 siswa terampil, 2 kurang terampil. Pada soal menambahkan catatan pada subtopic terkategori 11 siswa terampil, 10 kurang terampil dan 13 tidak terampil. Sehinga dapat disimpulkan bahwa dalam menggunakan aplikasi MindMaple Lite siswa kelas X Usaha Perjalanan Wisata 1 pada kategori cenderung sangat terampil ( soal menampilkan tema, membuat judul (central topic) dan membuat cabang-cabang (subtopic), mengedit tampilan Mindmap, menambahkan gambar, menambahkan Icon ) dan cenderung tidak terampil ( soal menambahkan catatan pada subtopic )

Kata kunci: Keterampilan, mindmaple lite.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KETERAMPILAN SISWA MENGGUNAKAN APLIKASI MINDMAPLE LITE MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA SISWA KELAS X USAHA PERJALANAN WISATA 1 SMK NEGERI 1 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang Dita Ayu Deviarum - Personal Name
No. Panggil
Subyek Keterampilan, mindmaple lite.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua