PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS SMP MUHAMMADIYAH 3 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 3 Samarinda tahun pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 3 Samarinda.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas VII A sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol, pada tahun ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dijabarkan dengan menggunakan uji t (t-test) dengan uji linier sederhana (Independent sampel test).
Berdasarkan hasil penelitian, diproleh Fhitung = 6,13 dan Ftabel = 4,01, sehingga Fhitung > Ftabel yaitu 6,13 ˃ 4,01 pada taraf signifikan 5%, yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak sehingga varian kelompok tersebut tidak sama atau heterogen. Analisis data melalui uji t diproleh thitung sebesar 2,70 dan nilai ttabel sebesar 1,68 dengan taraf signifikansi 0,05 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,70 > 1,68 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media audio visual pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci : “Media Audio Visual, Hasil Belajar, IPS”
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS SMP MUHAMMADIYAH 3 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | ACHMAD SYAHRANI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata kunci : “Media Audio Visual, Hasil Belajar, I |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY