PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI SMA NEGERI 14 SAMARINDA
ABSTRAK
Guru dituntu tuntuk dapat melakukan usaha perbaikan dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu usaha perbaikan yang dapat dilakukan guru adalah memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran yang diharapkan dapat memaksimalkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran problem solving dengan menggunakan metode diskusi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving dengan menggunakan metode diskusi terhadap hasil belajar kimia siswa padapokok sifat koligatif larutan pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 14 SamarindaTahun Ajaran 2013/2014.
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 14 Samarinda. Jenis penelitian ini bersifat pre eksperimental jenis one group pretest posttest yang berarti menggambarkan atau menjelaskan data yang diperoleh dengan cara membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah diadakan perlakuan. Penelitian ini terdiri dari tiga kali pertemuan, dimana setiap pertemuan dilakukan tes berupa pretest dan posttest. Hasil belajar siswa diperoleh dari nilai posttest dari setiap pertemuan yang kemudian dirata-ratakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwap penerapan model pembelajaran problem solving dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa. Data hasil belajar siswa diuji dengan menggunakan uji t uji satu pihak dan diperoleh t hitung = 13,54 dan nilai t table pada derajat bebas (db) 33 dan taraf signifikan (α) 5% = 1,69,dengan demikian thitung ≥ -ttabel, artinya penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Menggunakan Metode Diskusi berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sifat koligatif larutan.
Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Solving dengan Menggunakan Metode Diskusi,Hasil belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI SMA NEGERI 14 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | UUN SRIWAHYUNI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2014 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY