Detail Cantuman Kembali
Livia Dewi Andani - Personal Name

STUDI TENTANG INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MUARA WAHAU II KECAMATAN MUARA WAHAU KABUPATEN KUTAI TIMUR

Livia Dewi Andani, Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Muara Wahau II Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan masyarakat dalam pelayanan kesehatan serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu teknik yang digunakan yaitu pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 1 orang Kepala UPT. Puskesmas Muara Wahau II, 2 staf petugas Puskesmas, 2 orang pemerintah Kecamatan, 7 orang masyarakat. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh Puskesmas Muara Wahau II dalam pelayanan kesehatannya yang belum seluruhnya maksimal dilihat dari 5 fokus yang digunakan dalam Indeks Kepuasan Masyarakat. Kedisiplinan petugas pelayanan dapat diketahui dari tingkat kehadiran petugas pelayanan masyarakat merasa kurang puas dikarenakan masih banyak petugas yang datang terlambat, Tanggungjawab petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat kurang puas dengan pelayanannya diperhatikan masih ada petugas yang sibuk dengan urusan pribadi masing-masing dan kurang memperhatikan pasien, Kemampuan petugas pelayanan kesehatan masyarakat kurang puas dengan pelayanannya dikarenakan masih ada petugas dalam melaksanakan pekerjaannya merangkap yaitu mengerjakan pekerjaan lain dari tugas pokoknya, Kenyamanan lingkungan masyarakat merasa kurang puas dikarenkan kebersihan lingkungan sekitar Puskesmas yang kumuh dan tidak bersih, Keamanan pelayanan masyarakat merasa kurang puas dikarenakan tidak adanya petugas khusus menjaga keamanan sehingga masih sangat rawan tindak kejahatan.
Kata Kunci: Indeks Kepuasan Masyarakat, pelayanan kesehatan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MUARA WAHAU II KECAMATAN MUARA WAHAU KABUPATEN KUTAI TIMUR
Pengarang Livia Dewi Andani - Personal Name
No. Panggil
Subyek Indeks Kepuasan Masyarakat, pelayanan kesehatan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2018
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua