ANALISIS RAMALAN PENJUALAN PRODUK KECAP MANIS PT. HENZ ABC DI SWALAYAN ERA MART CABANG LEMBUSAWANA SAMARINDA BULAN JULI - DESEMBER TAHUN 2019
Putu Rohania Komalawati,2019. Analisis Ramalan Penjualan Produk Kecap Manis PT. Heinz ABC Indonesia (Heinz ABC) Di Swalayan Era Mart Cabang Lembusawana Samarinda Bulan Juli - Desember Tahun 2019. Dibawah Bimbingan Dra.Hj.Ipit Hayati Rosyid,M.pd, selaku Dosen Pembimbing I, dan Drs. H. Kaspul AM,SE,M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ramalan penjualan dan rencana produksi kecap manis PT. Heinz ABC Indonesia (Heinz ABC) di Swalayan Era Mart Cabang Lembuswana Samarinda bulan Juli-Desember tahun 2019.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik menggunakan persamaan Trend Linier : Y = a + bX, sedangkan metode yang dipakai adalah metode Least Square dengan menggunakan program Data Manual Berdasarkan Hasil penelitian diketahui besarnya Ramalan Penjualan Produk Kecap manis PT. Heinz ABC Indonesia di Swalayan Era Mart Cabang Lembusawana Samarinda pada Bulan Juli-Desember Tahun 2019 Di Bulan Juli sebanyak 5.864 botol, Agustus 6.130 botol, September 6.456 botol, Oktober 6.662, November 6.928, dan Mendapatkan Kenaikan 3,5% di Bulan Desember Sebanyak 7.194 botol dari Bulan Sebelumnya (Juni 2019). Berdasarkan hasil peramalan, diketahui penjualan produk kecap manis PT. Heinz ABC Indonesia di Swalayan Era Mart Cabang Lembusawana Samarinda bulan Juli-Desember Tahun 2019 tertinggi terjadi pada Bulan November – Desember 2019 sebesar 7.194 botol, dan terendah terjadi pada bulan Juli-Agustus 2019 sebesar 5.864 botol. Hasil Peramalan Penjualan Kecap Manis PT. Heinz ABC Indonesia di Swalayan Era Mart Cabang Lembusawana Samarinda ukuran 620 ml dapat digunakan sebagai gambaran untuk melihat kemungkinan yang terjadi di masa depan. Hasil Ramalan Penjualan Produk Kecap Manis PT. Heinz ABC Indonesia di Swalayan Era Mart Cabang Lembusawana Samarinda bulan Juli-Desember Tahun 2019 untuk 6 bulan mendatang, dan dengan melakukan prediksi tentang kemungkinan yang terjadi pada periode mendatang, pihak perusahaan memiliki acuan untuk mempersiapkan besarnya jumlah produksi, serta membuat perencanaan persediaan sebagai antisipasi besarnya permintaan produk kecap pada bulan tertentu.
Kata Kunci : Analisis, Ramalan Penjualan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS RAMALAN PENJUALAN PRODUK KECAP MANIS PT. HENZ ABC DI SWALAYAN ERA MART CABANG LEMBUSAWANA SAMARINDA BULAN JULI - DESEMBER TAHUN 2019 |
---|---|
Pengarang | PUTU ROHANIA KOMALAWATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Analisis, Ramalan Penjualan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY