PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 002 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Artina Zhara, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Gaya dan Gerak melalui Model Think Pair Share pada Siswa Kelas IV SDN
002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pembimbing I Iksam, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. La Djangka, M.Pd.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Gaya dan Gerak, Model Think Pair Share (TPS)
Permasalahan penelitian ini disebabkan rendahnya hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Pinang tahun pembelajaran
2018/2019 khususnya mata pelajaran IPA. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak melalui model think pair share pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini untuk meeningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak melalui model think Pair Share pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran
2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa dengan 1 guru dan objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak melalui model think pair share. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata hasil belajar siswa, rumus persentase ketuntasan, dan peningkatan hasil belajar, serta hasil observasi guru dan siswa. Hasil penelitia menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar IPA siswa sebesar 20,59% dengan nilai rata-rata 45,59 pada pra siklus dari nilai dasar ke siklus I sebesar 56,16% dengan rata-rata 71,19 dan persentase ketuntasan 47,06% (16 siswa tuntas), pada nilai dasar ke siklus II peningkatan hasil belajar sebesar 75,10% dengan rata-rata 79,82 dan persentase ketuntasan 82,35% (28 siswa tuntas). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar muatan IPA tentang gaya dan gerak melalui model think pair share pada siswa kelas IV SDN 002 Sungai Pinang Tahun
Pembelajaran 2018/2019.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS IV SDN 002 SUNGAI PINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019 |
---|---|
Pengarang | ARTINA ZHARA - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Gaya dan Gerak, Model Think Pair Share (TPS) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2019 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY