STUDI KINERJA PELAYANAN ADMINISTRASI PADA MASYARAKAT DI KANTOR DESA BILA TALANG KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis dan mendiskripsikan Kinerja pelayanan Administrasi di Kantor Desa Bila Talang dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat Kinerja Pelayanan Administrasi di Kantor Desa Bila Talang Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanega.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu jenis penelitian yang mengambarkan keadaan atau obyek penelitian pada masa sekarang berdasarkan faktor-faktor yang tampak atau sebagaimana adanya. Fokus penelitian ini adalah: 1. Standar Pelayanan Publik, meliputi: a. Prosedur Pelayanan, b. Waktu Penyelesain, c. Produk Pelayanan, d. Saranan dan Prasarana, e. Kompetensi Petugas Penberi Pelayanan. 2. Faktor pendukung dan penghambat Kinerja Pelayanan Administrasi di Kantor Desa Bila Talang Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanagera. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer, teknik Purposive Sampling dan data skunder, serta dalam pengumpulan data penulis mengunakan cara observasi, wawancara dan tinjuan dokumen dan Insidental Sampling merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja secara kebetulan atau incidental bertemu dengan peneliti. Data didapat kemudian dianalisa dengan melibatkan pengerjaan reduksi daya yang dilakukan dengan jalan membuat abstraksi dan penyajian data sampai pada tahap penarikan kesimpulan. Analisis daya yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian yang diperoleh penulis bahwa Studi Kinerja Pelayanan Administrasi Pada Masyarakat Di Kantor Desa Bila Talang Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara secara Prosedur Pelayanan sudah sederhana kerena alur pelayanan yang singkat dan tidak berbelit-belit. Ketepatan waktu tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Produk pelayanan yang berupa Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga jauh dari harapan masyarakat. Saranan dan prasarana yang ada belum menunjang dalam menberikan pelayanan kepada masyarakat. Kedisiplinan, kesopanan dan keramahan pegawai sudah bagus hanya saja belum bersikap ramah, tidak antusias dan kurang berinisiatif dalam memberikan pelayanan. Faktor pendukung pelayanan yaitu kemampuan dan keterampilan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan faktor penghambat pelayanan meliputi kurangnya sarana dan prasarana menunjang pelayanan berupa mesin generator listrik dan juga terkadang masih saja ada masyarakat yang tidak melengkapi persyaratan yang sudah ditetapkan dalam mengurus suatu keperluan yang sudah ditetapkan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STUDI KINERJA PELAYANAN ADMINISTRASI PADA MASYARAKAT DI KANTOR DESA BILA TALANG KECAMATAN TABANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA |
---|---|
Pengarang | YUVENALIS LAVUNG Y - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kinerja, Pelayanan, Pelayanan Publik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Administrasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY