PENERAPAN DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI TK TUNAS RIMBA 1 SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) RPPH bahasa Inggris yang berbasis developmentally appropriate practice (DAP) (2) Penerapan konsep developmentally appropriate practice (DAP) dalam pengajaran bahasa Inggris (3) Perkembangan pembelajaran bahasa Inggris anak dengan menggunakan konsep developmentally appropriate practice (DAP). Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan : (1)Observasi lapangan untuk mengamati semua yang dilakukan di TK Tunas Rimba 1 Samarinda, (2) Metode wawancara yang
dilakukan guru dan kepala sekolah TK Tunas Rimba 1 Samarinda (3) Metode dokumentasi, sebagai penunjang untuk memperoleh data di lapangan, dan dari hasil dokumentasi/perekaman di transkipkan dan dikelompokkan kemudian di analisis menggunakan model alir, yang dimulai dengan (a) pengumpulan data (b) reduksi data (c) penyajian data dan (d) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa (1)guru membuat RPPH menyesuaikan dengan buku, tema dan usia anak yang mana kegiatan, pemahaman, atau pembelajarannya berbeda (2) guru menerapkan DAP dengan memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak serta memberikan pembelajaran yang bersifat konkrit (3) guru harus melakukan penjelasan secara berulang-ulang agar anak mudah mengingat kosakata baru dalam bahasa Inggris. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) guru membuat RPPH bahasa Inggris sesuai dengan konsep DAP (2)guru menerapkan konsep DAP dalam pengajaran bahasa Inggris dengan mengikut tahap-tahap pembelajaran DAP (3) perkembangan anak dalam pembelajaran bahasa Inggris berkembang dengan baik walaupun masih ada yang belum mencapai sesuai dengan tahapan usianya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DI TK TUNAS RIMBA 1 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | INDAH PRATIWI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Developmentally Appropriate Practice (DAP) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY