PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) WONOREJO SAMARINDA
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat yang dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Wonorejo di kota Samarinda serta untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Wonorejo di kota Samarinda.
Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) terdiri dari : Tangibles, Reliability, Responsiveness, Insurance, Empathy, faktor penghambat dan faktor pendukung kualitas pelayanan publik pada Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Wonorejo Samarinda. Key informan antara lain Kepala Puskesmas, Sekretaris dan Kepala Seksi PUSKESMAS) Wonorejo Samarinda dan informan lainnya masyarakat kota Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, penelitian lapangan : observasi dan wawancara, serta penelitian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah komponen analisis data : model interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik pada Puskesmas Wonorejo Samarinda dari indikator tangibles (bukti fisik) memiliki fasilitas dan kondisi ruangan yang cukup baik, responsiveness (daya tanggap) kepada masyarakat, dengan cepat merespon kebutuhan masyarakat. reliability (kehandalan) pegawainya sudah baik, insurance (jaminan) sudah baik dari kepastian pegawai dalam pemberian resep obat yang dilakukan dengan benar dan hasil analisa perawatan yang diberikan, empathy (empati) pegawai kepada masyarakat sudah baik, dengan perhatian pegawai dengan kebutuhan pasiennya dan dengan keramahan dan kesopanan pelayanannya. Faktor penghambat kurangnya perbaikan sarana gedung Puskesmas, anggaran puskesmas yang lambat, kedisiplinan pegawai, tidak ada penambahan pegawai, tidak dilakukan perluasan atau penambahan ruang tunggu dan tidak adanya penambahan pegawai bagian poli anak. Faktor pendukung dari kesadaran pegawai, penghasilan pegawai, pemberian insentif/gaji pegawai dilaksanakan dengan baik, adanya dorongan dan motivasi Kepala Puskesmas, program kerja Puskesmas dijalankan dengan baik, penempatan pegawai sesuai dengan pendidikan atau kompetensi yang dimiliki, menyediakan fasilitas, parkiran kendaraan masyarakat sudah luas, pelayanan yang tidak berbelit-belit, dan kebersihan puskesmas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) WONOREJO SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Hamida Deny Ningsih - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kualitas, Pelayanan Publik dan Pusat Kesehatan Mas |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Administrasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY