STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris di lapangan. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data primer mengenai Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Data-data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator Kualitas Pelayanan yaitu Berwujud (Tangible), Keandalan (Reability), Responsif (Responsiveness), Jaminan (Assurance) dan Perhatian (Empathy) yang dilakukan oleh pegawai dan tenaga medis di Puskesmas Sempaja. Namun terdapat hal tersebut masih belum berjalan secara maksimal dikarenakan adanya faktor-faktor penghambat.
Kesimpulannya, Kualitas Pelayanan Kesehatan Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda sudah cukup baik dalam pelaksanaannya, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang masih dihadapi
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | AGUS DWI KURNIAWAN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kualitas, Pelayanan, Pelayanan publik, BPJS Keseha |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Administrasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY