Detail Cantuman Kembali

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NURI SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019

Oktafia Siska R. B, 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Nuri Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Made Ngurah Pertha, M.Si., selaku dosen pembimbing I dan Ibu Noor Ellyawati, S.Pd., M.M., selaku dosen pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat signifikan antara pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Nuri Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Peneliti ini menggunakan metode penelitian kunatitatif dengan menggunakan metode statistik persamaan regresi linier berganda, serta proses perhitungan menggunakan SPSS versi 16. Subjek Penelitian ini adalah siswa-siswi Kelas XI di SMK Nuri Samarinda yang berjumlah 82 siswa (responden). Teknik pengumpulan data dengan memberikan kuisioner kepada 82 siswa-siswi (responden) yang dilakukan pada tahun 2018. Dari hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial (uji t) antara Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Nuri diperoleh hasil analisis nilai thitung = 3,213> ttabel = 0,217 dengan tingkat pengaruh rendah berarti menerima hipotesis Ha dan menolak hipotesis H0. Sedangkan terdapapat pengaruh yang signifikan antara Pendapatan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Nuri, dengan hasil yang signifikan dengan memperoleh hasil analisis nilai thitung = 6,318 > ttabel = 0,217 dengan tingkat hubungan rendah, berarti menerima hipotesis Ha dan menolak hipotesis H0. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Pendapatan dan Pendidikan Orang Tua memiliki pengaruh terhadap Belajar Siswa Kelas XI SMK Nuri Samarinda.
Berdasarkan uji secara simultan (Uji F) Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Nuri, diketahui dengan hasil analsis perolehan nilai Fhitung = 68,065 > Ftabel = 3,11, dengan hasil Fhitung lebih besar dari Ftabel berarti menerima hipotesis Ha, artinya tingkat pendidikan dan pendapatan orang tua secara bersama (simultan) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Nuri Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua, Hasil Belaja

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NURI SAMARINDA TAHUN AJARAN 2018/2019
Pengarang OKTAFIA SISKA ROSALINA .B - Personal Name
No. Panggil
Subyek Tingkat Pendidikan Orang Tua, Pendapatan Orang Tua
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua