Detail Cantuman Kembali
SUMARNI - Personal Name

STRUKTUR KOMUNITAS MANGROVE DI KAWASAN KONSERVASI MANGROVE GRAHA INDAH KOTA BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR

SUMARNI, 2019. Struktur Komunitas Mangrove Di Kawasan Konservasi Mangrove Center Graha Indah Kota Balikpapan Kalimantan Timur. (Dibimbing oleh Dewi Embong Bulan dan Muhammad Syahrir ).

Kota Balikpapan memiliki Kawasan Konservasi Mangrove Center Graha Indah, Kelurahan Batu Ampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas mangrove dan kondisi lingkungannya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2018 dengan metode transek kuadran. Hasil penelitian ditemukan 6 jenis mangrove yaitu Rhizophora apiculata, Avicennia marina, Schiphiphora hydrophyllacea, Lumnitzera littorea, Cheriops tagal, Sonneratia alba. Hasil analisis vegetasi di setiap stasiun menunjukkan bahwa indeks nilai penting tertinggi adalah jenis Rhizophora apiculata dan mendominansi di setiap stasiun pengamatan. Indeks Keanekaragaman mangrove di Kawasan Mangrove Center pada seluruh stasiun berada pada kisaran 0,984-1,073, termasuk dalam kategori sedikit atau rendah. Indeks Keseragaman pada seluruh stasiun berkisar 0,2610,287

dan termasuk dalam kategori jumlah individu berbeda. Indeks Dominansi pada seluruh stasiun adalah kisaran 0,351-0,408, yang menunjukkan bahwa ada spesies tertentu yang mendominansi, dengan dikategorikan dominansi sedang. Kondisi substrat secara umum adalah liat berlempung. Hasil pengukuran parameter perairan masih sangat mendukung pertumbuhan mangrove pada kawasan tersebut.

Kata Kunci: Indeks dominansi dan jenis substrat, Indeks keanekaragaman, Indeks keseragaman, Indeks nilai penting, Struktur komunitas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRUKTUR KOMUNITAS MANGROVE DI KAWASAN KONSERVASI MANGROVE GRAHA INDAH KOTA BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR
Pengarang SUMARNI - Personal Name
No. Panggil
Subyek : Indeks dominansi dan jenis substrat, Indeks kean
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua