Detail Cantuman Kembali
TARUK ALLO MARSIKA - Personal Name

ANALISIS KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE KOTA SAMARINDA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode Balanced Scorecard merupakan metode pengukuran yang menitik beratkan empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal dan pertumbuhan dan pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rasio untuk keuangan , tingkat kepuasan dan rasio retensi dan akuisisi untuk perspektif pelanggan, tingkat kepuasan untuk perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, sedangkan untuk perspektif proses bisnis internal menggunakan analisis deskriptif.
Hasil analisis data adalah sebagai berikut: (a) Perspektif Keuangan rumah sakit untuk rasio ekonomis dikategorikan ekonomis, rasio efisiensi dikategorikan tidak efisien, dan rasio efektifitas dikategorikan efektif, current ratio dikategorikan baik, rasio solvabilitas dikategorikan baik dan Cost Recovery Rate dikategorikan baik. (b) Perspektif Pelanggan untuk kepuasan tergolong tinggi sedangkan untuk retensi dikategorikan baik dan akuisisi dikategorikan kurang, (c) Perspektif Bisnis Internal tergolong baik, dan (d) Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajran kepuasan karyawan tergolong tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Balanced Scorecard mengangkat aspek-aspek penting yang diabaikan oleh pengukuran secara tradisional. Hasil pengukuran yang akurat akan memberikan gambaran keputusan yang baik kepada manajemen dalam hal merencanakan, pengambilan keputusan untuk mewujudkan visi dan misi suatu organisasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE KOTA SAMARINDA
Pengarang TARUK ALLO MARSIKA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Balanced Scorecard, perspektif keuangan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Manajemen
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua