Detail Cantuman Kembali
NUR AINI - Personal Name

PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG TEMPE DALAM BISKUIT TERHADAP TINGKAT ORGANOLEPTIK DAN KANDUNGAN PROTEIN

Tempe termasuk salah satu makanan yang populer di masyarakat, selain harganya murah dan mudah diperoleh, juga dapat dikonsumsi oleh semua umur. Tempe merupakan sumber protein nabati. Protein merupakan zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Zat gizi dalam makanan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencapai status gizi yang seimbang.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung tempe dalam biskuit terhadap tingkat organoleptik dan kandungan protein. Penelitian ini bersifat eksperimen menggunakan 3 perlakuan pada biskuit dengan menambahkan tepung tempe (10%, 20%, 30%). Penelitian dilakukan dengan uji organoleptik pada 50 masyarakat di Desa Purwosari dan uji laboratorium untuk mengetahui kandungan proteinnya.
Hasil penelitian menggunakan uji organoleptik menunjukan bahwa dengan penambahan tepung tempe tidak mempengaruhi karakteristik biskuit (warna, aroma, rasa, dan tekstur). Hasil penelitian yang diolah dengan komputerisasi menggunakan perangkat lunak pengelola statistik diperoleh signifikasi > 0.05, sehingga tidak ada perbedaan karakteristik pada setiap variasi perlakuan biskuit. Sedangkan hasil uji laboratorium menunjukan dari ketiga perlakuan biskuit yang memiliki kandungan protein tertinggi adalah perlakuan 3 yaitu17.82 gram dengan penambahan tepung tempe 30% dan yang memiliki kandungan protein paling rendah adalah perlakuan 1 yaitu 12.01 gram dengan penambahan tepung tempe 10%.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan penambahan tepung tempe tidak mempengaruhi karakteristik biskuit sehingga tidak mempengaruhi tingkat kesuaan konsumen dan setiap penambahan tepung tempe meningkatkan kandungan protein dalam biskuit. Diperlukan adanya penelitian lanjutan pada tepung tempe sehingga tidak hanya kandungan proteinya saja yang diketahui tetapi juga kandungan zat gizi lainya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG TEMPE DALAM BISKUIT TERHADAP TINGKAT ORGANOLEPTIK DAN KANDUNGAN PROTEIN
Pengarang NUR AINI - Personal Name
No. Panggil
Subyek tepung tempe, biskuit, uji organoleptik, kandungan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua