Detail Cantuman Kembali
FAHRIAN - Personal Name

Representasi Komunikasi Interaktif Budaya Barat Pada Film Chef karya Jon Favreau

Film yang menjadi objek penelitian ini adalah Film Chef Karya Jon Favreau. Film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang chef (koki) dalam menghadapi realita jatuh bangun karirnya. Dengan menggunakan media komunikasi interaktif, chef tersebut dapat menemukan kembali jalan keluar dari masalah yang menimpa hidupnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda konotasi dan denotasi dalam film Chef.
Film umumnya dibangun dengan banyak tanda. Tanda-tanda itu termasuk berbagai sistem tanda yang bekerjasama dengan baik dalam upaya mencapai efek yang diharapkan. Karena sebuah film pada dasarnya bisa melibatkan bentuk-bentuk simbol visual dan linguistik untuk mengkodekan pesan yang sedang disampaikan.
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori semiotik dengan model Roland Barthes. Barthes mengembangkan semiotik dengan dua tingkatan pertandaan, yaitu denotasi dan konotasi yang menghasilkan makna eksplisit untuk memahami makna yang terkandung dalam film ini. Dalam kerangka Barthes, konotasi identik dengan operasi, yang disebutnya sebagai “mitos” dan berfungsi untuk mengungkapkan dan memberikan pembenaran bagi nilai-nilai dominan yang berlaku dalam suatu periode tertentu.
Film Chef, memiliki makna denotasi sebagai film yang menggambarkan perjalanan karir seorang chef masa kini yang kesehariannya tidak lepas dari pengaruh media sosial yang dimana menjadi batu sandungan bagi karirnya. Penuh konflik hingga kemudian mampu kembali bangkit ke puncak karirnya dengan media sosial itu pula. Sedangkan makna konotasinya, seseorang yang memiliki karir atau pekerjaan yang bersentuhan secara langsung atau tidak langsung dengan media sosial dapat dengan mudah menjadi bagian dari isi berita atau pesan yang dikomunikasikan. Pesan atau berita yang telah menjadi isi dari media sosial tersebut dapat menjadi hal yang buruk bagi orang yang terlibat didalamnya jika isi pesan atau berita tersebut mengandung makna negatif. Dan sebaliknya akan menjadi batu loncatan yang baik jika dimanfaatkan dengan mengisi pesan atau berita tentang hal-hal yang positif. Film yang tergolong dalam film motivasi ini menegaskan mitos, bahwa manusia memerlukan komunikasi yang efektif dalam kehidupan. Karena manusia adalah makhluk sosial, baik itu komunikasi verbal maupun nonverbal sangat dibutuhkan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Representasi Komunikasi Interaktif Budaya Barat Pada Film Chef karya Jon Favreau
Pengarang FAHRIAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Representasi Komunikasi Interaktif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan Ilmu Adminsitrasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua