Detail Cantuman Kembali
SULAIMAN - Personal Name

KEKUATAN HUKUM DIGITAL SIGNATURE SEBAGAI ALAT BUKTI YANG SAH DI TINJAU DARI HUKUM ACARA PERDATA


Indonesia memasuki era globalisasi yang mendorong perkembangan teknologi dan kegiatan usaha para pelaku bisnis ke arah yang lebih efektif dan efesien yaitu e- commerce. Dalam perkembanganya, penggunaan Digital Signature mulai menggeser keberadaan tanda tangan konvesional yang biasa digunakan dalam perjanjian diatas media kertas. Penggunaan Digital signature dalam perdagangan elektronik untuk menjaga keutuhan dan keaslian data dalam suatu dokumen elektronik. Kegiatanperdagangan yang menggunakan media elektronik sebagai alat bukti di dalam system pembuktian di Indonesia masih terdapat kekurangan dalam proses pengadilan di Indonesia. Menurut sistem HIR/RGB (hukum acara yang berlaku) dalam acara perdata, hakim terikat pada alat-alat bukti yang sah, yang berarti hakim hanya boleh mengambil keputusan berdasarkan alat-alat bukti yang di tentukan oleh undangundang
Saja (HIR/RGB).
Penelitian ini menggunakan pendekatan doktrinal, yaitu penelitian hukummenggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konsep denganmenggunakan sumber data dengan menggunakan bahan hukum primer, bahan hukumsekunder, dan bahan hukum tersier dengan metode pengumpulan data dari berbagaisumber bacaan, seperti perundang-undangan, buku-buku, jurnal atau karya ilmiah, serta internet yang dinilai relevan dengan permasalahan yang dibahas.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Digital Signature bukan lah tanda tangan konvensional yang kemudian discan menggunakan scaner, melaikan menggunakan teknik Kripography. Adanya asas lex specialis derogate lex generalis maka penggunaan alat bukti Digital Signature dalam Hukum Acara Perdata memiliki kekuatan hukum yang sama dengan akta otentik.
Kata Kunci: TandaTangan, Digital, AlatBukti.




Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEKUATAN HUKUM DIGITAL SIGNATURE SEBAGAI ALAT BUKTI YANG SAH DI TINJAU DARI HUKUM ACARA PERDATA
Pengarang SULAIMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci: TandaTangan, Digital, AlatBukti.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Ilmu Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua