Detail Cantuman Kembali
HENDRA MELIAN SRI RAMA - Personal Name

PEMBERIAN GELATIN KULIT IKAN SEBAGAI EDIBLE COATING PADA BAKSO AYAM DENGAN LAMA PENYIMPANAN BERBEDA


HENDRA MELIAN SRI RAMA. Pemberian Gelatin Kulit Ikan Sebagai Edible Coating Terhadap Kualitas Bakso Ayam. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman 2020. (dibawah bimbingan Arif Ismanto dan Julinda Romauli Manullang).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bakso ayam yang dilapisi gelatin kulit ikan dengan lama penyimpanan yang berbeda. Pelaksanaan penelitian yaitu pada bulan Juli dan Agustus 2019. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Produksi dan Teknologi Peternakan, Mikrobiologi, dan Laboratorium Nutrisi Ternak Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman
Kalimantan Timur.
Rancangan Acak Lengkap (RAL) digunakan dalam penelitian ini, sedangkan sebagai perlakuan yaitu perbedaan lama simpan setelah bakso dilapisi dengan edible coating gelatin, antara lain T1
sebelum penyimpanan, T2 lama simpan 5 jam, T3 lama simpan 10 jam, T4 lama simpan 15 jam. Parameter yang diamati adalah kadar air, pH, susut masak, organoleptik dan total mikroba.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa edible coating dari gelatin kulit ikan
tidak terdapat perbedaan selama penyimpanan terhadap kadar air, pH, susut masak, organoleptik dan total mikroba (P>0,05) bakso ayam. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa edible coating dari gelatin kulit ikan efektif menjaga kualitas bakso ayam selama penyimpanan 5 jam (T2) pada suhu ruang ditinjau dari nilai total bakteri/ TPC yaitu 1,1 x 106 Cfu/ml.
Kata Kunci : Gelatin, bakso ayam, edible coating, lama simpan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMBERIAN GELATIN KULIT IKAN SEBAGAI EDIBLE COATING PADA BAKSO AYAM DENGAN LAMA PENYIMPANAN BERBEDA
Pengarang HENDRA MELIAN SRI RAMA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Gelatin, bakso ayam, edible coating,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Peternakan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua