Detail Cantuman Kembali
YUNI FITRI YANI - Personal Name

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK TENTANG IPS (PETA) MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 016 SUNGAI KUNJANG SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Berdasarkan hasil observasi belajar menunjukkan bahwa hasil belajar tematik IPS tentang peta melalui model Talking Stick pada siswa kelas V SDN 016 Sungai Kunjang Samarinda tahun ajaran 2017/2018 terdapat beberapa orang siswa yang nilainya masih di bawah target. Tujuan penelitian umum penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan aktivitas belajar tematik IPS tentang peta menggunakan model Talking Stick pada siswa kelas V SDN 016 Sungai Kunjang Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakanakan sebanyak II siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 016 Sungai Kunjang dengan subyek penelitian siswa kelas V berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Lembar Aktivitas guru, Aktivitas siswa dan tes soal setiap akhir pertemuan. Data aktivitas siswa dan hasil belajar siswa disajikan dalam rata-rata.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. Aktivitas dan hasil belajar tematik IPS tentang peta dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SD Negeri 016 Sungai Kunjang Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018 meningkat. Peningkatan tersebut terbukti dari hasil pengamatan rata-rata aktivitas belajar siswa tematik tentang IPS (peta) yang mencapai 87,57 dan hasil belajar tematik tentang IPS (peta) dengan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas V SD Negeri 016 Sungai Kunjang Samarinda tahun pembelajaran 2017/2018 meningkat dengan rata-rata siswa tuntas pada siklus I 67,12 dan perentase 54,54% sedangkan pada siklus II menjadi 80,30 dan perentase 84,84%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK TENTANG IPS (PETA) MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 016 SUNGAI KUNJANG SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Pengarang YUNI FITRI YANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPS, Talking Stic
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua