Detail Cantuman Kembali
HENDRI CHRISTIAN - Personal Name

STUDI TENTANG SEJARAH KAIN TENUN ULAP DOYO SUKU DAYAK BENUAQ DI DESA TANJUNG ISUY KECAMATAN JEMPANG KABUPATEN KUTAI BARAT

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah lahirnya pembuatan tenun Ulap Doyo suku Dayak Benuaq di Desa Tanjung Isuy, nialai budaya yang terkandung dalam tenun Ulap Doyo bagi masyarakat Dayak Benuaq di Desa Tanjung Isuy, dan penggunaan tenun Ulap Doyo dalam masyarakat Dayak Benuaq di Desa Tanjung Isuy.
Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sebanyak empat orang. Penelitian ini berfokus pada sejarah lahirnya pembuatan tenun Ulap Doyo. nilai budaya yang terkandung dalam tenun Ulap Doyo. Penggunaan tenun Ulap Doyo. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2017 di Desa Tanjung Isuy Kecamatan Jempang Kabupaten Kutai Barat. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisa data yaitu terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa lahirnya pembuatan tenun Ulap Doyo ini didasari pada sulitnya mendapatkan benang atau pun kain sehingga dengan keratifitasnya orang Benuaq membuat benang dari serat daun doyo untuk dijadikan benang dan ditenun menjadi selembar kain, nilai budaya dari tenun Ulap Doyo dapat dilihat pada upacara adat dimana tenun ini digunakan sebagai perlengkapan busana adat, penggunaan kain tenun Ulap Doyo ini sebagai perlengkapan dalam upacara-upacara adat masyarakat suku Dayak Benuaq.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG SEJARAH KAIN TENUN ULAP DOYO SUKU DAYAK BENUAQ DI DESA TANJUNG ISUY KECAMATAN JEMPANG KABUPATEN KUTAI BARAT
Pengarang HENDRI CHRISTIAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek Tenun Ulap Doyo, Suku Dayak Benuaq
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua