Detail Cantuman Kembali
RIA PURNAMA SARI - Personal Name

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, PENGAWASAN DAN PENGHARGAANTERHADAP KEPATUHAN PEKERJA DALAM PENGISIAN HAZARD OBSERVATION CARD DI SALAH SATU PERUSAHAAN PENYIMPANAN BAHAN KIMIA DI KALMANTAN TIMUR

Kecelakaan kerja dapat terjadi akibat adanya kondisi kerja dan perilaku kerja yang tidak aman. Pelaporan kejadian berbahaya dan kecelakaan merupakan suatu metode dan prosedur yang dapat dilakukan untuk mencegah kejadian berbahaya maupun kecelakaan terulang kembali.

Teori Bird menyebutkan nearmiss yang terus berulang kebanyakan disebabkan unsafe behavior yang dapat meningkatkan resiko kecelakaan kerja. Identifikasi perilaku tidak aman dapat dilakukan dengan pendekatan Behavior Base Safety (BBS) yaitu melalui pengisian kartu observasi bahaya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, pengawasan, dan penghargaan terhadap kepatuhan pekerja dalam pengisian kartu observasi bahaya. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel yang diteliti adalah seluruh anggota populasi tenaga kerja berjumlah 76 orang sehingga penelitian ini menggunakan total sampling.

Penelitian dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2019. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Rank Spearman dengan nilai a = 0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara variabel sikap (Pvalue = 0,013) dan pemberian penghargaan (Pvalue = 0,016) terhadap pengisian kartu observasi bahaya di PT. X, sedangkan variabel yang tidak terdapat hubungan yaitu pengetahuan (Pvalue = 0,373) dan pengawasan (Pvalue = 0,152).
Saran bagi perusahaan perlunya meningkatkan sitem reward untuk meningkatkan motivasi pekerja, membuat safety instruction mengenai kewajiban pengisian kartu pelaporan bahaya, melakukan diskusi dalam forum atau meeting terkait program STOP Card, mendesain media komunikasi K3 yang mudah di mengerti pekerja terkait langkah-langkah atau prosedur pengamatan kondisi aman dan perilaku tidak aman di lingkungan kerja.

Kata Kunci : Kartu Observasi Bahaya, Keselamatan Berbasis Perilaku

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, PENGAWASAN DAN PENGHARGAANTERHADAP KEPATUHAN PEKERJA DALAM PENGISIAN HAZARD OBSERVATION CARD DI SALAH SATU PERUSAHAAN PENYIMPANAN BAHAN KIMIA DI KALMANTAN TIMUR
Pengarang RIA PURNAMA SARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kartu Observasi Bahaya, Keselamatan Berbasis Peril
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua