PENERAPAN LAYANAN SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) PENGADUAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA
Ledy Andri Safitri, Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Dr. Anwar As S.Sos., M.M selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Nur Hasanah, S.Sos, M.Si selaku Dosen Pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan danmenganalisis Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, dan mengidentifikasi faktor pendukung dan faktorpenghambat dalam Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduandalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umumdaerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan metode observasi, wawancara, dandokumentasi. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposivesampling dan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisisdata model interaktif yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulandata, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Layanan SMS (Short Message Service) Pengaduan di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul WahabSjahranie Samarinda sudah diterapkan tetapi belum maksimal. Sarana Layanan pengaduan yang ada di Rumah Sakit Umum ada empat macam, yaitu layananpengaduan melalui sms, meja langsung, kotak saran dan e-amil. Pengelolaan dan pengawasan sarana Layanan Pengaduan berada di bawah tanggung jawag Unit Hubungan Masyarakat. Dalam pelaksanaan sarana layanan pengaduan, masih ada pasien/pengunjung rumah sakit yang tidak mengetahui bahwa rumah sakit menyediakan sarana layanan pengaduan .
Kata Kunci : Layanan, SMS Pengaduan, Kualitas Pelayanan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN LAYANAN SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) PENGADUAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ABDUL WAHAB SJAHRANIE SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | LEDY ANDRI SAFITRI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci : Layanan, SMS Pengaduan, Kualitas Pela |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pemerintahan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY