EFEKTIVITAS PELAYANAN INFORMASI MELALUI WEBSITE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA
Efektivitas Pelayanan Informasi Melalui Website Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Dr. Iman Surya, M.Si dan Bapak Drs. Daud Kondorura, M.Si.
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui dan mendeskripsikan tentangbagaimana efektivitas pelayanan informasi melalui website Kecamatan Samarinda Iliryang beralamatkan https://kec-samarinda-ilir.samarindakota.go.id dalammeningkatkan kualitas pelayanan publik, dimana dapat dilihat berdasarkan beberapa indikator, yaitu : 1) Ketepatan Sasaran Program, 2) Sosialisasi Program, 3) Tujuan Program, 4) Pemantauan Program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kepustakaan, observasi, wawancara,dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Samarinda Ilir Kota
Samarinda.
Pelayanan informasi melalui website adalah salah satu kebijakan yangditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai strategi dalam melakukan pengembanganterhadap pelayanan publik seiring dengan berkembangnya teknologi, atau disebutdengan e-Government. Tujuan dari pelaksanaan e-Government berupa website yakniuntuk percepatan dalam pelayanan publik. Rumusan masalah dari penelitian ini untukmengetahui bagaimana efektivitas pelayanan informasi melalui website dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan program pelayanan informasimelalui website di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda belum sepenuhnyaefektif. Hal ini dibuktikan dengan beberapa faktor yakni Pemerintah Kecamatan Samarinda Ilir sudah melaksanakan program tersebut dengan baik, namun dari segimasyarakat yang berperan sebagai sasaran dalam program tersebut belum sepenuhnyaberminat untuk memanfaatkan pelayanan informasi melalui website tersebut. Sehingga belum tercapainya timbal balik yang baik antara Pemerintah Kecamatan Samarinda Ilir dengan masyarakat dalam pelaksanaan program pelayanan informasi melalui website Kecamatan Samarinda Ilir.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, mengenai efektivitaspelayanan informasi melalui website dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan program tersebut belum sepenuhnya tercapai karena kurangnya timbale balik antara Pemerintah Kecamatan Samarinda Ilir dan masyarakat dalam pelaksanaan program tersebut.
Kata Kunci : efektivitas, pelayanan, e-government, website, kualitas
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS PELAYANAN INFORMASI MELALUI WEBSITE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Ramadhan Aunur Rahman - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kata Kunci : efektivitas, pelayanan, e-government, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | |
Jurusan | S1 PEMERINTAHAN INTEGRATIF (PIN) |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY