Detail Cantuman Kembali
DESSI RISMELINA - Personal Name

PENGARUH STRATEGI KOPING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI PADA MAHASISWI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi koping dan dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswi korban kekerasan dalam rumah tangga (studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitianini adalah 90 mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala resiliensi, strategi koping, dan dukungan sosial. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh dan signifikan strategi koping dan dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswi korban kekerasandalam rumah tangga dengan nilai f hitung > f tabel (24.865 > 3.10) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05). Kontribusi pengaruh (R2) strategi koping dan dukungan social terhadap resiliensi pada mahasiswi korban kekerasan dalam rumah tangga adalahsebesar 0.364; (2) ada pengaruh strategi koping terhadap resiliensi pada mahasiswikorban kekerasan dalam rumah tangga dengan koefisien beta (ß) = 0.188, serta nilai t hitung > t tabel (2.113 > 1.987) dan nilai p = 0.037 (p < 0.05); (3) ada pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswi korban kekerasan dalam rumah tangga dengan koefisien beta (ß) = 0.525, serta t hitung > t tabel (5.918 > 1.987) dan nilai p = 0.000 (p < 0.05).
Kata kunci: resiliensi, strategi koping, dukungan sosial

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH STRATEGI KOPING DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI PADA MAHASISWI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda)
Pengarang DESSI RISMELINA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata kunci: resiliensi, strategi koping, dukungan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan PSIKOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua