PERAN TENAGA PENDIDIK MENGENAI PENTINGNYA PENDIDIKAN FORMAL 12 TAHUN PADA MASYARAKAT SUKU DAYAK BAHAU DI KAMPUNG LONG PAHANGAI
Penelitian ini bertujuan mengetahui peran tenaga pendidik dan faktor-faktor yang menghambat peran tenaga pendidik dan mengetahui upaya yang dilakukan tenaga pendidik agar masyarakat Suku Dayak Bahau di Kampung Long Pahangai melanjutkan pendidikan formal sampai 12 tahun. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yaitu peran tenaga pendidik, faktor-faktor yang menghambat dan upaya yang dilakukan tenaga pendidik. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Informan yaitu tenaga pendidik, orangtua, siswa dan Kepala Kampung Long Pahangai. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berdasarkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan peran tenaga pendidik mengenai pentingnya pendidikan formal 12 tahun masih kurang optimal dikarenakan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tugas, dan tenaga pendidik masih terfokus pada buku pegangan. Faktor-faktor yang menghambat yaitu sarana dan prasarana sekolah masih kurang lengkap dan ada yang rusak. Orangtua kurang memberikan perhatian kepada anak dalam kegiatan belajar. Kondisi ekonomi masih kurang mampu. Upaya yang dilakukan yaitu memberikan informasi adanya beasiswa bagi siswa yang kurang mampu, penyuluhan kepada orang tua dan membimbing siswa agar tidak mudah terpengaruh lingkungan yang tidak baik
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN TENAGA PENDIDIK MENGENAI PENTINGNYA PENDIDIKAN FORMAL 12 TAHUN PADA MASYARAKAT SUKU DAYAK BAHAU DI KAMPUNG LONG PAHANGAI |
---|---|
Pengarang | EMILIANA LUN IRANG - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Peran, Tenaga Pendidik, Pendidikan, Masyarakat, Su |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2017 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY