Detail Cantuman Kembali
LILA ARIE JUANITA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA SISWA KELAS IV SDN 011 VOORFO SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Latar belakang masalah dari peneliti ini yaitu kurangnya hasil belajar IPA siswa pada materi perubahan lingkungan yang dapat dilihat dari rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran IPA dan kurangnya variasi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi Perubahan Lingkungan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Take And Give. Peneliti ini bertujuan apakah ada peningkatan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Take And Give pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Voorfo Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan observasi. Sedangkan teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, nilai akhir dan persentase.
Data hasil penelitian yang diperoleh yaitu, nilai hasil belajar pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 68.00 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar 62.00% dan nilai hasil belajar pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 85.00 dan persentase indikator keberhasilan sebesar 89.00%. Serta keaktifan siswa pada siklus I pada aspek pengamatan partisipasi memperoleh 28 siswa atau 62.2%, aspek pengamatan tanggung jawab memperoleh 16 siswa atau 35.6%, aspek pengamatan kerja sama memperoleh 20 siswa atau 44.4%, aspek pengamatan kemampuan mencari pasangan kartu memperoleh 31 siswa atau 68.9% dan aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 3.18 atau 79.5%. Keaktifan siswa pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 40 siswa atau 88.9%, aspek pengamatan tanggung jawab memperoleh 33 siswa atau 73.3%, aspek pengamatan kerja sama memperoleh 35 siswa atau 77.8%, aspek pengamatan kemampuan mencari pasangan kartu memperoleh 45 siswa atau 100% dan aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 3.27 atau 81.8%. Dan terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya.
Kesimpulan, berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan adanya peningkatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan lingkungan pada siswa kelas IV SDN 011 Voorfo Samarinda Ulu yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa serta aktivitas guru dan siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA SISWA KELAS IV SDN 011 VOORFO SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang LILA ARIE JUANITA - Personal Name
No. Panggil
Subyek Hasil Belajar IPA, Perubahan Lingkungan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan Ilmu Pendidikan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua