Detail Cantuman Kembali
SARINAH - Personal Name

KAJIAN PERTUMBUHAN IKAN BANDENG (Chanos chanos,Forsskal) DI PERAIRAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA


Sarinah. 2019. Kajian Pertumbuhan Ikan Bandeng (Chanos Chanos, Forsskal) Di Perairan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara.
(Dibimbing oleh Muhammad Syahrir R dan Nurfadilah)
Hasil penangkapan ikan masyarakat di daerah Muara Badak diantaranya Ikan Bandeng laut (Chanos chanos,Forsskal). Ikan Bandeng tersebut yang seringdijumpai di Kalimantan Timur dengan jumlah populasi ± 4.399 ton per tahun.
Laju pertumbuhan ikan sangat bervariasi sebab sangat tergantung pada berbagaifaktor. Tingkat pemanfaatan dan upaya penangkapan terhadap Ikan Bandengdikhawatirkan akan melampaui batas lestarinya. Oleh karena itu, kajianpertumbuhan Ikan Bandeng dapat digunakan sebagai informasi mengenai upaya penyedia data awal tentang kondisi ikan di perairan. Tujuan dalam penelitian iniuntuk mengetahui hubungan panjang dan berat Ikan Bandeng dan polapertumbuhan berdasarkan analisis jenis kelamin. Metode penelitian yangdigunakan adalah deskriptif dengan teknik survey. Sumber data yang didapatkanberasal dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian berupa hubunganpanjang dan berat yang diperoleh menyatakan bahwa pola pertumbuhannya adalah alometrik negatif dengan persamaan pada Ikan Bandeng jantan W = 6,975 L ,sedangkan pada Ikan Bandeng betina didapatkan persamaan regresinya adalah W = 0,0001*L2,56687. Laju pertumbuhan yang dihitung dengan pendekatan metode von Bertalanffy memiliki persamaan pertumbuhan L = 512,4(1-e ) pada Ikan Bandeng betina dan persamaan pada Ikan Bandeng jantan yaitu Lt= 418,95(1-e -0,89(t + 0,0868 ).
Kata Kunci : Ikan Bandeng, Muara Badak, Biologi Perikanan


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KAJIAN PERTUMBUHAN IKAN BANDENG (Chanos chanos,Forsskal) DI PERAIRAN MUARA BADAK KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang SARINAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Ikan Bandeng, Muara Badak, Biologi Pe
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua