Detail Cantuman Kembali
MULIANI S - Personal Name

STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda serta untuk mendeskripsikan masalah yang menjadi penghambat kualitas pelayanan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Lokasi penelitian dilaksanakan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Fokus Penelitian antara lain: keandalan, responsif, keyakinan, empati dan berwujud. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, penelitian kepustakaan, penelitian lapangan, wawancara mendalam dengan keyinformannya adalah Kepala Tata Usaha Puskesmas Sempaja dan informannya adalah beberapa staf dan dokter yang ada disetiap Poli pelayanan, serta dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Sempaja Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda sudah berusaha memberikan pelayanan yang baik. Hal ini dilihat dari tenaga kesehatan yang berkompeten, pelaksanaan prosedur pelayanan yang cepat dan tidak berbelit-belit, cepat tanggapnya setiap petugas pelayanan kesehatan terhadap sakit yang dikeluhkan pasien, dan adanya perhatian langsung yang diberikan setiap petugas pada setiap pasien yang berkunjung, serta fasilitas kesehatan yang cukup lengkap dalam proses pelayanan sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Namun demikian, terdapat kelemahan yakni terdapat sarana dan prasarana yang kurang memadai seperti fasilitas ruang tunggu yang kurang baik dan penataan kursi ruang tunggu yang kurang nyaman dirasakan pasien yang berada di ruang tunggu. Selain itu, kurangnya kesadaran dari petugas pelayanan dalam menerapkan pentingnya 3S(senyum salam dan sapa) dalam melayanani setiap petugas pelayanan yang berkunjung di Puskesmas Sempaja.
Saran, perlunya evaluasi dan pembenahan tata letak fasilitas khususnya kursi tunggu yang ada didepan setiap ruangan Poli dan halaman depan Puskesmas Sempaja. Bagi para pegawai, agar selalu menerapkan 3S(Senyum, Salam dan Sapa) agar masyarakat yang datang berobat merasa nyaman ketika berada di Puskesmas Sempaja

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DI PUSKESMAS SEMPAJA KECAMATAN SAMARINDA UTARA KOTA SAMARINDA
Pengarang MULIANI S - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kualitas Pelayanan, Puskesmas Sempaja
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan Administrasi Negara
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua