Detail Cantuman Kembali
SRI DEVI - Personal Name

PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI JUMLAH PERSEDIAAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) ( Studi Kasus : SPBU PM.Noor Kota Samarinda )


Bahan bakar merupakan salah satu kebutuhan yang saat ini tidak bisa dilepaskan dari masyarakat. Bahan bakar cair terutama bensin atau premium, pertalite, dansolar merupakan bahan bakar yang digunakan pada alat transportasi. Semakin banyak alat transportasi yang dimiliki masyarakat dapat memungkinkan tidaktersedianya stok bahan bakar di salah satu SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) tertentu. Dengan tidak tersedianya stok persediaan bahan bakar di SPBU,hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti antrian yang panjang pada salah satu SPBU, serta kurangnya kebutuhan bahan bakar pada masyarakat. Salah satu metode untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan metode Fuzzy Mamdani. Fuzzy Mamdani merupakan salah satu metode yang termasuk ke dalam sistem inferensi fuzzy. Metode ini dapat menentukan jumlah produksi,sehingga jumlah produksi sebuah barang dapat diprediksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Fuzzy Mamdani mampu memprediksi jumlah persediaan stok bahan bakar yang seharusnya diterima oleh SPBU pada periodeberikutnyaa, dimana, 3 jenis perhitungan BBM menggunakan Fuzzy Mamdani yaitu BBM jenis Premium, Pertalite dan Solar, hasil pengujian ketepatan prediksidiukur dengan menggunakan metode MAPE (Mean Absolute Percentage Error)dengan nilai persentase error yang didapatkan untuk BBM jenis Premium adalah 1 %, BBM jenis Pertalite adalah 3 %, dan BBM jenis Solar adalah 2 %, sehingga kinerja sistem dalam memprediksi stok bahan bakar dapat dikatakan sangat bagus.
Kata Kunci : Prediksi BBM, Logika Fuzzy, Fuzzy Mamdani

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DALAM MEMPREDIKSI JUMLAH PERSEDIAAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) ( Studi Kasus : SPBU PM.Noor Kota Samarinda )
Pengarang SRI DEVI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua