Detail Cantuman Kembali
ZAKINA OCTAVIANO - Personal Name

HUBUNGAN BODY IMAGE DAN STATUS GIZI DENGAN AKTIVITAS FISIK REMAJA PUTRI SMA & SMK SWASTA WILAYAH KERJA PUSKESMAS PASUNDAN KOTA SAMARINDA TAHUN 2019


Masa remaja ditandai dengan percepatan pertumbuhan, baik secara fisik, psikologis, kematangan seksual, dan perubahan perilaku. Remaja putri cenderung lebih berisiko mengalami permasalahan kesehatan, terutama mengenai citra tubuh (body image) dan status gizi. Aktivitas fisik bermanfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis. Frekuensi aktivitas fisik menurun secara signifikan pada remaja putrid pada saat mencapai usia 17 tahun.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan body image dan status gizi dengan aktivitas fisik siswi kelas X dan XI di SMA dan SMK swasta wilayahkerja puskesmas pasundan Kota Samarinda tahun 2019. Desain yang digunakan yaitu cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 141 orang siswi dengan teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling. Status gizi ditentukan menggunakan IMT/U. Data diambil dengan kuesioner baku yaitu PAQ - A dan MBSRQ – AS, pengukuran dilakukan menggunakan metode antropometri (tb & bb). Analisa data menggunakan uji korelasi Rank Spearman.
Hasil analisis penelitian menunjukkan sebesar (49,6%) responden berusia 16 tahun. Mayoritas mempunyai aktivitas fisik rendah (62,4%), body image negatif(66,0%), dan mempunyai status gizi normal (66,0%). Analisis bivariat menunjukkanbahwa terdapat hubungan yang signifikan antara body image dan aktivitas fisik (p=0,005). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan aktivitas fisik (p=0,401).
Kesimpulan yang diperoleh yaitu hasil analisis menunjukkan kecenderungansemakin negatif body image maka semakin rendah aktivitas fisik. Saran yang diberikan yaitu melakukan pemberdayaan siswi dengan membentuk forum remaja sehat dimasing – masing sekolah, pihak puskesmas dapat menjadi penggerak dalam proses pemberdayaan melalui program PKPR yang ada di puskesmas dan pemilihan duta GERMAS ditingkat sekolah.
Kata Kunci : Remaja putri, Aktivitas Fisik, Body Image, Status gizi
Kepustakaan : 87, (2000 – 2019)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN BODY IMAGE DAN STATUS GIZI DENGAN AKTIVITAS FISIK REMAJA PUTRI SMA & SMK SWASTA WILAYAH KERJA PUSKESMAS PASUNDAN KOTA SAMARINDA TAHUN 2019
Pengarang ZAKINA OCTAVIANO - Personal Name
No. Panggil
Subyek Kata Kunci : Remaja putri, Aktivitas Fisik, Body I
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua