Detail Cantuman Kembali
SITTI MUNAWAROH - Personal Name

STUDI EKONOMI USAHATANI KARET SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN PETANI DI DESA SANTAN TENGAH DUSUN HANDIL 2 KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

SITTI MUNAWAROH. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2019. Studi Ekonomi Usahatani Karet Sebagai Sumber Pendapatan Petani di Dusun Handil 2 Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara (dibawah bimbingan Nella Naomi Duakaju dan Rita Mariati).
Karet di Indonesia merupakan salah satu hasil pertanian yang banyak menunjang perekonomian negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya produksi, penerimaan dan keuntungan usahatani karet di Desa Santan Tengah, Dusun Handil 2, Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilakukan dari April hingga Juli 2019.
Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Penentuan responden pada penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive) karena mengambil data petani responden dengan umur tanam yang sama berumur 10 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Sensus dan menetapkan 22 responden. Analisis Pendapatan dan R/C Ratio yang digunakan dalam analisis data.
Produktivitas kg th-1 ha-1 menunjukkan bahwa produksi karet sebesar 42.636 kg th-1 dan rata-rata produksi responden 1,938 kg th-1 dengan produksi perhektar 1.312 th-1 ha-1 dengan harga jual Rp 7,500 kg. Jumlah biaya produksi responden rata-rata adalah Rp 6.808.466 th-1 dan jumlah biaya per hektar Rp 4.723.350 th-1 ha-1, jadi penerimaan rata-rata responden yang diperoleh adalah Rp 14.535.000 th-1 dengan jumlah perhektar Rp 9.840.682 th-1 ha-1. Maka diperoleh hasil pendapatan usahatani karet sebesar Rp 7.726.534 th-1 dan jumlah pendapatan perhektar Rp 5.117.332 th-1 ha-1.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendapatan usahatani karet di Dusun Handil 2 Desa Santan Tengah dengan nilai R/C Ratio yang diperoleh adalah 2,13 atau lebih besar dari 1,000, yang berarti secara ekonomi sudah menguntungkan untuk di usahakan.
Kata Kunci : Studi Ekonomi, Karet, Produksi, Penerimaan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI EKONOMI USAHATANI KARET SEBAGAI SUMBER PENDAPATAN PETANI DI DESA SANTAN TENGAH DUSUN HANDIL 2 KECAMATAN MARANGKAYU KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang SITTI MUNAWAROH - Personal Name
No. Panggil
Subyek Studi Ekonomi, Karet, Produksi, Penerimaan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua