Detail Cantuman Kembali
Yayuk Widianti - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI IPA SMAN 1 TENGGARONG SEBERANG TAHUN AJARAN 2014/2015

Proses pembelajaran kimia memerlukan model pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas sehingga hasil belajar dan tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dipilih sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar kimia pokok bahasan koloid kelas XI IPA SMAN 1 Tenggarong Seberang tahun ajaran 2014/2015.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-2 dan XI IPA-3 dengan masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Kelas XI IPA-2 merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) sedangkan kelas XI IPA-3 menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t, selain itu untuk memperkuat data digunakan juga teknik observasi dan wawancara.
Hasil penelitian diperoleh thitung= 2,57 dan ttabel = 1,68 sehingga thitung> ttabel pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap hasil belajar kimia pokok bahasan koloid kelas XI IPA SMAN 1 Tenggarong Seberang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI IPA SMAN 1 TENGGARONG SEBERANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Pengarang Yayuk Widianti - Personal Name
No. Panggil
Subyek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two St
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan Pendidikan Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua