Detail Cantuman Kembali
Novera - Personal Name

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SUSAH SENANG BERSAMA SANG IBU IN AMERICA (SEASON : KRISTALISTA) KARYA AHMAD YUSUF Kajian Psikologi Sastra

Novera, 2019. Aspek Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel “Susah Senang Bersama Sang Ibu In America (Season : Kristalista)” Karya Ahmad Yusuf : Kajian Psikologi Sastra. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing I: Drs. M. Anwar Balfas, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Drs. Syaiful Arifin, M.Hum.
Kata Kunci : Novel, Fakta Cerita, Kepribadian Tokoh
Novel adalah suatu karya sastra berbentuk prosa fiksi yang menceritakan rangkaian kehidupan para tokoh dengan orang-orang disekelilingnya, serta menonjolkan watak dan sifat pelaku. Dalam karya sastra, unsur yang sangat penting adalah tokoh. Hal tersebut dikarenakan tokoh merupakan pelaku yang mengemban peristiwa dalam cerita sehingga peristiwa itu mampu menjalin cerita dan terdapat interaksi-interaksi antar tokoh sehingga mampu menimpulkan konflik. Dengan adanya konflik di dalam cerita sehingga dapat memengaruhi kepribadian tokoh.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai fakta cerita dan tinjauan aspek kerpibadian tokoh utama dalam novel “Susah Senang Bersama Sang Ibu In America (Season : Kristalista)” Karya Ahmad Yusuf.
Berdasarkan hasil analisis data, bahwa dalam novel “Susah Senang Bersama Sang Ibu In America (Season : Kristalista)” Karya Ahmad Yusuf diklasifikasikan berdasarkan fakta cerita yang terdiri dari tokoh dan penokohan, plot, latar cerita dan kepribadian tokoh utama. Tokoh dan penokohan dalam novel tersebut adalah Dauni dikategorikan sebagai tokoh utama, tokoh protagonis, tokoh bulat dan tokoh netral, Ibu dikategorikan sebagai tokoh protagonis dan tokoh berkembang, Ayah tiri dikategorikan sebagai tokoh antagonis dan tokoh sederhana, Jimi dan tuan John dikategorikan sebagai tokoh protagonis, Paman Holmes dikategorikan sebagai tokoh antagonis dan tokoh tambahan, Joyce, Lola, dan Melisa dikategorikan sebagai tokoh tambahan dan tokoh sederhana, serta Antonio dikategorikan sebagai tokoh antagonis. Plot yang ada dalam novel ini berdasarkan urutan waktu adalah plot lurus, progresif atau dapat dikatakan peristiwa yang dikisahkan bersifat kronologis. Latar waktu yaitu pagi hari, siang hari, dan malam hari. Latar tempat yaitu di rumah Dauni, motel New Mexico, rumah sewaan di California, kampus tempat Dauni berkuliah, toko pizza di New York, kantor polisi. Latar sosial-budaya yaitu cara pergaulan masyarakat Amerika yang bebas, kehidupan sosial masyarakat menengah, dan masyarakat yang taat kepada hukum yang berlaku. Struktur kerpibadian tokoh utama Dauni yang terdiri dari id meliputi membela sang ibu, keinginan untuk mengundurkan diri dari kampus, keinginan untuk bekerja dan jatuh cinta, ego meliputi kesedihan, marah, sakit hati, bahagia, kegelisahan, dan superego meliputi menentukan pilihan, mempertimbangkan dan lapang dada.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SUSAH SENANG BERSAMA SANG IBU IN AMERICA (SEASON : KRISTALISTA) KARYA AHMAD YUSUF Kajian Psikologi Sastra
Pengarang Novera - Personal Name
No. Panggil
Subyek Novel, Fakta Cerita, Kepribadian Tokoh
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua