Detail Cantuman Kembali
Romy Pratama - Personal Name

APLIKASI PENGENALAN KAIN TENUN BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS TENUN ULAP DOYO KHAS DAYAK BENUAQ DI KALIMANTAN TIMUR)

Tenun Ulap Doyo merupakan tenun ikat atau kain ikat asli Indonesia. Kain yang ditenun terbuat dari serat tanaman doyo (curculigo latifolia). Augmented Reality (AR) merupakan suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara realtime. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat dan menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai media pengenalan kain tenun ulap doyo pada perangkat mobile android dalam bentuk 3D agar dapat memperkenalkan kain tenun ulap doyo menjadi lebih menarik dan penyampaian informasi mudah dipahami. Pengembangan aplikasi menggunakan metode prototype, metode ini memiliki tiga tahapan yaitu pengumpulan kebutuhan, perancangan, evaluasi prototype. Hasil penelitian menunjukan aplikasi Augmented Reality (AR) pengenalan kain tenun ulap doyo berbasis android telah berhasil dirancang dan dibangun dengan menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK. Pada pengujian marker dengan jarak marker 15 cm sampai 45 cm dapat terdeteksi. Pada pengujian sudut marker dapat terdeteksi dari sudut kemiringan 30° sampai 90°. Pada pengujian pencahayaan marker dapat terdeteksi dari intesnsitas cahaya pada 40 lux sampai 280 lux. Sedangkan hasil pengujian oklusi marker dapat terdeteksi jika kondisi marker tertutup kurang dari 50%.

Kata Kunci : Augmented Reality, tenun ulap doyo, marker.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul APLIKASI PENGENALAN KAIN TENUN BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS TENUN ULAP DOYO KHAS DAYAK BENUAQ DI KALIMANTAN TIMUR)
Pengarang Romy Pratama - Personal Name
No. Panggil
Subyek Augmented Reality, tenun ulap doyo, marker.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua