Detail Cantuman Kembali
Marieza Aprilianti - Personal Name

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI MEREK TERKENAL DARI TINDAKAN PENDOMPLENGAN REPUTASI (PASSING OFF)

Marieza Aprilianti, NIM 1508015028, Samarinda 21 April 1997, Minat Studi Hukum Perdata, Perlindungan Hukum Bagi Merek Terkenal Dari Perbuatan Pendomplengan Reputasi (Passing Off), dibawah bimbingan Dr. Suradiyanto, S.H., S.E., M.Hum dan Lily Triyana, S.H., M.Hum.

Hak Kekayaan Intelektual (selanjutnya disebut HKI) merupakan hak atas kekayaan yang timbul atau lahir dari kemampuan intelektual manusia. Merek merupakan bagian dari HKI. Terdapat merek dagang, merek jasa, dan merek kolektif. Pengaturan merek saat ini diatur dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Pelanggaran merek pendomplengan reputasi (passing off) adalah perbuatan curang dengan mendompleng ketenaran milik orang lain, hal ini bertentangan dengan itikad baik karena termasuk perbuatan melawan hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui dua hal: Pertama, perlindungan hukum bagi merek terkenal dari perbuatan pendomplengan reputasi (passing off), bagaimana pengaturan hukum terkait perbuatan pendomplengan reputasi (passing off) di Indonesia.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) perlindungan hukum bagi merek terkenal dari perbuatan passing off terbagi menjadi dua, yaitu perlindungan hukum preventif dan perlindungan hokum represif. 2) pengaturan passing off belum diatur secara tegas dan jelas, dalam Hukum Merek Indonesia passing off digolongkan sebagai pelanggaran
merek yang merupakan pendaftaran merek oleh pihak lain yang memiliki persamaan pada pokoknya atau secara keseluruhan dengan merek terkenal pihak lain.
Kata kunci: HKI, Merek Terkenal, Passing Off

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERLINDUNGAN HUKUM BAGI MEREK TERKENAL DARI TINDAKAN PENDOMPLENGAN REPUTASI (PASSING OFF)
Pengarang Marieza Aprilianti - Personal Name
No. Panggil
Subyek HKI, Merek Terkenal, Passing Off
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua