Detail Cantuman Kembali
SELVIA DEWI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK SUBTEMA 1 LINGKUNGAN SEKITARKU MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 003 SAMBUTAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Selvia Dewi, 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA tentang Gaya dan Gerak Subtema 1 Lingkungan Sekitarku menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SDN 003 Sambutan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Pembimbing I Dr. H. Achmad Ridhani, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd.
Kata Kunci : hasil belajar IPA, gaya dan gerak, metode demonstrasi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA yang diperoleh pada kelas IV SDN 003 Sambutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak subtema 1 lingkungan sekitarku menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 003 Sambutan tahun pembelajaran 2018/2019. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak subtema 1 lingkungan sekitarku menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 003 Sambutan Tahun pembelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IV SDN 003 Sambutan yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 perempuan, 11 laki-laki dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak menggunakan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik.
Berdasarkan pembahasan data yang diperoleh pada penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA tentang gaya dan gerak menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 003 Sambutan tahun pembelajaran 2018/2019 meningkat. Peningkatan tersebut terbukti pada pra siklus siswa yang tuntas dalam kriteria ketuntasan minimum (KKM) 70 sebanyak 2 siswa atau 9,52%, pada siklus I dicapai persentase peningkatan hasil belajar IPA 12 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 70 atau sekitar 57,14%, dan pada siklus II dicapai persentase peningkatan hasil belajar IPA 18 siswa mendapatkan nilai di atas KKM 70 sebanyak 85,71%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan skor yang meningkat pada pra siklus dengan nilai rata-rata siswa 49,48 dengan persentase ketuntasan 9,52%, pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata siswa menjadi 58,66 dengan persentase peningkatan yaitu 18,56% dan pada siklus II meningkat nilai rata-ratanya menjadi 74,29 dengan persentase peningkatan 50,14%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG GAYA DAN GERAK SUBTEMA 1 LINGKUNGAN SEKITARKU MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 003 SAMBUTAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019
Pengarang SELVIA DEWI - Personal Name
No. Panggil
Subyek hasil belajar IPA, gaya dan gerak, metode demonstr
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2019
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua